Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, August 13, 2017

Lamunan Pesta

Santo Laurensius, Diakon dan Martir
Kamis, 10 Agustus 2017

Yohanes 12:24-26

12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.
12:25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal.
12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, dalam perjuangan hidup orang mempertahankan eksistensi di kancah dunia. Orang-orang baik ingin selalu ikut berperan demi kebaikan banyak orang.
  • Tampaknya, agar mampu berperan orang dapat berjuang untuk mendapatkan status atau jabatan dalam hidup bersama. Dalam hal ini orang dapat beranggapan memiliki kualitas diri kalau mampu menduduki statusnya selama mungkin.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, selama apapun bahkan seumur hidup seseorang bertahan dalam status atau jabatan atau peran tertentu, hal ini tidak menjamin eksistensinya karena keberadaan sejati orang adalah kemampuan untuk menjadi bahan tanaman kebaikan hidup yang punya saat menghilang tetapi menghasilkan bentuk-bentuk kebaikan baru dalam siapapun yang berperan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mampu dengan tenang berhenti bahkan hilang dari percaturan lingkungan berperannya.
Ah, untuk meraih banyak penghasilan orang harus mempertahankan status andalannya.
@ Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. (Yoh 12:24)
@ ..... bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, selama apapun bahkan seumur hidup seseorang bertahan dalam status atau jabatan atau peran tertentu, hal ini tidak menjamin eksistensinya karena keberadaan sejati orang adalah kemampuan untuk menjadi bahan tanaman kebaikan hidup yang punya saat menghilang tetapi menghasilkan bentuk-bentuk kebaikan baru dalam siapapun yang berperan.
Selengkapnya lihat "Lamunan Pesta" Kamis 10-8-2017 dalam RENUNGAN HARIAN www.domuspacispuren.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment