Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, August 3, 2017

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Yohanes Maria Vianney, Imam
Jumat, 4 Agustus 2017

Matius 13:54-58

13:54 Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: “Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu?
13:55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?
13:56 Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?”
13:57 Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: “Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya.”
13:58 Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang dapat mendapatkan penghargaan karena titel kelulusan dan jabatan. Dia dapat dipanggil di banyak tempat untuk didengarkan kata-kata pengajarannya.
  • Tampaknya, orang juga bisa mendapatkan penghargaan karena menjadi anak keturunan orang terpandang. Dia dapat diangkat untuk menduduki jabatan terhormat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sebanyak dan setinggi apapun title kelulusan perguruan tinggi dan seterhormat apapun kedudukan sosial orang tua atau yang menurunkan, itu semua tidak menjamin seseorang memiliki harga sejati yang sesungguhnya tergantung pada ketaatan pada aura nurani yang terungkap dalam kata-katanya dan terwujud dalam tindakannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tidak akan menyesal mengalami penolakan dari orang lain karena kesetiaannya pada kedalaman nurani. 
Ah, baik apapun kalau ditolak banyak orang ya celaka dong.

0 comments:

Post a Comment