Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, August 26, 2017

Lamunan Pekan Biasa XXI

Minggu, 27 Agustus 2017

Matius 16:13-20

16:13. Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?"
16:14 Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi."
16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"
16:16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"
16:17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."
16:20 Lalu Yesus melarang murid-murid-Nya supaya jangan memberitahukan kepada siapapun bahwa Ia Mesias.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada anggapan bahwa orang yang sungguh berpengetahuan akan memahami apapun yang dihadapi. Dia akan menjadi tempat bertanya bagi banyak orang lain.
  • Tampaknya, ada anggapan bahwa orang yang sungguh berkeyakinan akan mantap terhadap yang diyakininya sehingga tak akan ada yang mempertanyakannya. Dia akan menjadi tempat bertanya bagi banyak orang lain.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, orang yang sungguh mampu memahami penghayatan dan keyakinan hidup justru akan biasa mendapatkan pertanyaan yang muncul dalam dirinya karena penghayatan keyakinan sejati berproses sesuai dengan perubahan kondisi dan situasi seseorang yang selalu menghadirkan pertanyaan untuk pengembangan dan pendalaman keyakinannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang justru akan mengalami perkembangan dan pendalaman keyakinan setiap kali muncul soal dan pertanyaan dalam penghayatan hidupnya.
Ah, yang sungguh berkeyakinan tak akan mengalami soal dalam dirinya.

0 comments:

Post a Comment