Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, August 8, 2017

Lamunan Pekan Biasa XVIII

Rabu, 9 Agustus 2017

Matius 15:21-28

15:21. Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon.
15:22 Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: “Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita.”
15:23 Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: “Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak.”
15:24 Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.”
15:25 Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: “Tuhan, tolonglah aku.”
15:26 Tetapi Yesus menjawab: “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.”
15:27 Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.”
15:28 Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: “Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa yang berbeda golongan akan mudah bersaing. Masing-masing golongan memiliki kepentingan sendiri dan dapat saling berebut hal untuk memenuhi kepentingannya.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa antar golongan yang bermusuhan tak akan dapat saling dirukunkan. Antar warga masing-masing golongan dapat berjuang untuk saling menjatuhkan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun berada dalam golongan-golongan yang berbeda dan bahkan bermusuhan, kalau hidup seseorang menyatu dengan relung nurani yang terejawantah dalam perilaku yang membawa kebaikan umum, dia dapat jadi naungan hidup bagi orang-orang golongan lain termasuk yang bermusuhan dengan golongannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang yakin bahwa di antara kaum yang dipandang buruk bahkan sesat tetap ada orang-orang yang memiliki nurani luhur.
Ah, yang namanya musuh ya harus disingkirkan.

0 comments:

Post a Comment