Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, June 27, 2017

Anugerah Lebaran 2017


"Rama harus banyak minum, ya" kata perawat RS Panti Rapih Ruang Lukas 3 kepada Rm. Bambang di kamar 15 pada Senin pagi 26 Juni 2017. Rm. Bambang, yang masih harus berada di tempat tidur karena harus menyelesaikan aliran infus terakhir yang mulai dialirkan berbotol-botol sejak Sabtu pagi 24 Juni 2017, menjawab "Aku biasa banyak minum". Rm. Bambang memang biasa menghabiskan 1,7 liter dari bangun tidur hingga makan pagi. "Tapi kenapa sampai dehidrasi parah?" perawat lain yang juga ikut di kamar itu. "Dhek Jemuwah bar mangan esuk aku mulai nguyuh akeh banget liwat dubur. Teruuuus bola-bali sedina sewengi nganti Setu esuk ora rampung nganti aku tekan Panti Rapih. Nah, merga ngetokke banyu akeh aku wedi ngombe akeh" (Pada Jumat 23 Juni 2017 sesudah makan pagi aku mengalami diare tetapi yang keluar banyak air. Ini terus terjadi berkali-kali sehari semalam hingga Sabtu pagi sampai aku ke IGD RS Panti Rapih. Nah, karena banyak mengeluarkan air, aku takut banyak minum). "Rama itu ngawur. Itu salah besar. Banyak mengeluarkan air kok malah minum sedikit. Ya harus makin banyak minum dong" perawat pertama menyalahkan sikap Rm. Bambang yang langsung menyahut "Aku ki rama. Nek mung salah ra ngerti kaya ngono ra papa. Ilmu lan kesibukanku dudu soal lelara. Nek kowe sing kaya ngono, kuwi salah berat ha ha ha" (Aku kan rama. Kalau hanya salah hal seperti itu tidak apa-apa. Ilmu dan kesibukan harianku bukan soal penyakit. Kalau kamu yang berbuat seperti aku, itu menjadi kesalahan amat besar ha ha ha). Kedua perawat itu tertawa terbahak-bahak karena kata-kata Rm. Bambang yang beraroma humor.

Pada Sabtu 24 Juni 2017 sesudah makan pagi Rm. Bambang diantar Bu Rini mengendarai mobil memang menuju RS Panti Rapih. Di IGD dia banyak mengatakan "Berkali-kali" ketika ditanya oleh dr. Dian Juwitasari V. Maka dokter menulis "kurang lebih 20 kali" tanpa lendir, darah, tak mual, tak demam, makan dan minum bisa masuk. Ketika sudah masuk Ruang Lukas 315, Mas Handoko menyusul untuk mengambil mobil yang dibawa ke Panti Rapih oleh Rm. Bambang. Rm. Bambang hanya minta agar tak membuat berita. Mas Handoko dan istrinya memang datang di pagi hari berikutnya memberi informasi bahwa untuk bahan-bahan yang harus dimasak beres tersedia, karena untuk tanggal 25-26 Juni 2017 ada beberapa relawan masak yang berlibur sehingga tak dapat menyediakan lauk dan sayuran. Meskipun demikian pada Minggu keluarga Bu Mumun (suami, isteri dan satu anaknya) menjenguk. Pada hari yang sama Rm. Harto, Rm. Rusgiarto, Rm. Gito, Rm. Hadi di dampingi Mas Abas dan Mas Yanu juga datang. Terhadap peristiwa 3 hari 2 malam di Panti Rapih Rm. Bambang menulis di WAG Relawan DOMUS PACIS pada Selasa 27 Juni 2017 "Ha ha ha ..... Aku isa menikmati paring Dalem Gusti bebas seka acar rutin harian. Kebetulan juga segala urusan Domus, selama lebaran serta beberapa kebutuhan Novena Domus dan Ultah Imamat Rm. Agoeng dan Rm. Gito, udah terkerjakan. Matur nuwun Gusti, dipun paringi istirahat Lebaran. Nyuwun pangapunten para kadang relawan, kula mboten matur he he he" (Ha ha ha ..... Aku bisa menikmati anugerah Tuhan dapat bebas dari acara harian. Kebetulan juga segala urusan Domus, selama lebaran serta beberapa kebutuhan Novena Domus dan Ultah Imamat Rm. Agoeng dan Rm. Gito, sudah terkerjakan. Terima kasih Tuhan atas anugerah istirahat Lebaran Idul Fitri 2017). Kata-kata ini menanggapi ujaran yang muncul sehari sebelumnya:

Rini Sleman: Puji Tuhan Romo sudah kembali di kamarnya sendiri dan sudah bisa tersenyum ceria.... 😁😁😁😁
YM Martati Hadi Susanto: We lha dalah Rm.gerah to?? Nderek memuji Rm mugi enggal senggang
Rini Sleman: Iya bu Tatik dari hari jumat pagi2... Siang td dah kondor...
Ninik: We lha....rm Bambang gerah apa?
Rini Sleman: Pokoke.... Takut kentut... Krn klo kentut suuuur suuuur  keluar air sehari semalam 20x..maka di tahan tahan.. Jdlah harus opname... 😁😁😁😁😁
Mumun: Di rspr rm tidurnya bs angler🙏🏻🙏🏻🙏🏻🙏🏻
Sri Sumanti: Nyuwun pangapunten romo mboten mireng nenawi gerah dados mboten sowan
Ninik:  Woalah....maaf rm, kami ga dengar lgpula di luar kota. Ndherek bingah rm sdh kembali sehat, smg sgr pulih..
lucia suratmi: Wah aku juga gak tahu he pastesan kok Iwuk wingi nakoke Rm Bambang sehat . yo take jawab sehat Wong gak ngerti yen gerah

0 comments:

Post a Comment