Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, June 16, 2017

Lamunan Pekan Biasa X

Sabtu, 17 Juni 2017

Matius 5:33-37

5:33. Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan.
5:34 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah,
5:35 maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar;
5:36 janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambutpun.
5:37 Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, sebelum resmi menduduki jabatan orang biasa mengangkat sumpah. Sumpah dituntut agar orang di dalam melaksanakan tugas jabatan dapat sungguh demi kebaikan umum.
  • Tampaknya, di dalam pengadilan terdakwa dan saksi juga melakukan sumpah. Pada umumnya orang percaya bahwa dengan sumpah orang akan sungguh jujur dan bertanggungjawab demi kebaikan, kebenaran, dan keadilan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, untuk konsekuen dengan apapun yang diwajibkan dan dituntut untuk dilakukan, orang dapat saja ingkar sehingga yang paling pokok adalah komitmen nurani untuk menjalani apapun yang sudah dikatakan atau tidak menjalani yang ditolak tanpa harus berargumentasi karena segala alasan hanyalah ungkapan dan wujud nafsu unjuk citra diri. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan selalu mengembangkan diri untuk menjadi pelaku yang diucapkan.
Ah, dari pada ribut kalau harus bersumpah ya diikuti saja.

0 comments:

Post a Comment