Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, June 5, 2017

Memberikan Yang Menjadi Hak Allah

diambil dari email group unio-kas 5 Juni 2017

Selasa, 06 Juni 2017
Pekan Biasa IX
Refleksi harianku dalam doa berdasarkan Markus 12:13-17

Pada waktu itu beberapa orang Farisi dan Herodian disuruh menghadap Yesus, untuk menjerat Dia dengan suatu pertanyaan. Tetapi Yesus mengetahui kemunafikan mereka, lalu berkata kepada mereka, "Mengapa kamu mencobai Aku?" Maka kata Yesus kepada mereka, "Berikanlah kepada Kaisar apa yang menjadi hak Kaisar, dan kepada Allah apa yang menjadi hak Allah!" 

Tuhan Yesus Kristus terkasih, Injil hari mewartakan bagaimana orang-orang Farisi dan Herodian menjebakMu dengan pertanyaa tentang membayar pajak kepada Kaisar. Mereka menyodorkan dilema palsu padaMu. Dalam pertanyaan itu, mereka menjebakMu untuk harus taat pada Kaisar atau memberontak melawan Roma. Lalu Engkau akan sama sekali bersalah dalam keduanya.

Tuhan Yesus Kristus terkasih, dalam dilema palsu seperti itu, Engkau dengan cerdas mengajarku untuk menata keseimbangan, aku harus hidup hanya untuk Allah saja. Persoalannya lebih kompleks dari sekadar bayar pajak atau tidak. Engkau mengajarku bahwa aku harus memberikan kepada Kaisar yang menjadi haknya dan kepada Allah yang menjadi hakNya. Dan Engkau meminta agar aku menggunakan kebebasanku dan tanggungjawabku lebih kepada kehedak Allah. 

Tuhan Yesus Kristus terkasih, dalam jawabanMu itu Engkau melemparkan kembali pertanyaan itu kepada mereka. Kini mereka yang harus memutuskan apa hak Kaisar dan apa hak Allah. Dalam Adorasi Ekaristi Abadi aku memilih kebebasan untuk mempersembahkan yang menjadi hak Allah. Bantulah aku menyadari bahwa Engkau memanggilku dalam kebebasan. Dalam Adorasi Ekaristi Abadi aku ingin memberikan yang baik dalam hidupku dengan menyerahkan yang menjadi hak Allah kini dan selamanya.

Girlan Ungaran, 5/6/2017

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶
Aloys budi purnomo Pr

Sent from my heart of abudhenkpr
"abdi Dalem palawija"
Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan
Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang
 

0 comments:

Post a Comment