Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, June 13, 2017

Lamunan Pekan Biasa X

Rabu, 14 Juni 2017

Matius 5:17-19

5:17. "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.
5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.
5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa pembaruan akan membuat pergantian terhadap yang ada. Pembaharuan adalah usaha untuk membuat hal sesuai dengan perkembangan.
  • Tampaknya, dengan pembaruan hal-hal lama akan tidak terpakai. Andai ada nilai-nilai tinggi, yang lama akan dapat menjadi koleksi peninggalan masa lalu.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sehebat dan semengagumkan apapun usaha pembaruan, dalam rangka demi kebaikan umum pembaruan sejati bukanlah penghapusan akan yang lama tetapi merupakan usaha mendapatkan ungkapan dan bentuk baru terhadap nilai-nilai warisan masa lampau. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menyadari bahwa penolakan terhadap nilai-nilai warisan generasi dahulu adalah kejahatan sejati yang justru menghancurkan segalanya.
Ah, bagaimanapun juga yang lama akan selalu menjadi hambatan usaha-usaha pembaruan.

0 comments:

Post a Comment