Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, June 18, 2017

Lamunan Pekan Biasa XI

Senin, 19 Juni 2017

Matius 5:38-42

5:38. Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
5:39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
5:40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.
5:41 Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
5:42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, untuk menjaga perdamaian agar tak terjadi perang antar negara, masing-masing negara mengembangkan pertahanan. Pengembangan pertahanan dilakukan dengan kekuatan tentara dan persenjataan agar negara lain takut menyerang karena takut pembalasan yang lebih kuat.
  • Tampaknya, untuk membela diri dari ancaman kejahatan, orang juga dapat cari pengamanan entah dengan kemampuan bela diri entah dengan alat lain untuk  pembelaan. Kalau terjadi tindak kejahatan dia dapat mengalahkan penjahatnya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, dalam hubungan perorangan semerugikan apapun dan semengancam serta seberat apapun orang mengalami kejahatan, sekalipun punya kekuatan seimbang bahkan melebihi dia tidak akan membiarkan diri dikuasai rasa murka sehingga tidak akan ganti mencelakakan dan bisa lebih bermurah hati terhadap lawan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan bebas dari sikap dendam bila dijahati oleh orang lain.
Ah, penjahat kalau dibiarkan saja akan makin membuat celaka.

0 comments:

Post a Comment