Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, June 19, 2017

Panti Jompo = Orang Tua? / Orang Tua = Panti Jompo?

diambil dari https://5un5hine.wordpress.com/2008/01/15

panti1.jpg

Panti Jompo identik dengan tempat penampungan bagi orang yang sudah tua. Yang menjadi pertanyaan : kategori orang tua bagaimana sebenarnya yang layak ditampung oleh Panti Jompo?

1. Yang memang sebatang kara dan tidak punya sanak saudara yang bisa merawatnya
2. Yang masih memiliki sanak saudara bahkan yang masih memiliki anak dan cucu tapi tidak mau bisa merawatnya

Well, jika jawabannya yang no. 1, kita semua pasti setuju kalo orang tua tersebut layak ditempatkan di Panti Jompo dimana ada petugas atau sukarelawan yang bisa menemani dan merawat mereka melalui hari2 tua mereka yang barangkali juga (bukan nyumpahin nich ya) tidak bakalan lama lagi.

Bagaimana dengan jawaban yang no. 2, pastinya ada alasan mengapa sanak saudaranya tidak bisa merawat mereka apalagi yang masih mempunyai anak atau cucu. Berbagai macam alasanpun dikemukakan a.l :

· Sibuk alias tidak ada waktu (dikarenakan alasan semua orang dirumah kerja jadi tidak ada yang bisa memperhatikan kebutuhan orang yang sudah renta tersebut). Hmm… Apakah alasan ini bisa dibenarkan? Gimana waktu kita kecil sampai besar, apakah orang tua kita bisa dengan alasan sibuk jadi kagak perlu ngurus kita? Jikalaupun orangtua yang sibuk kerja and kagak bisa ngurus anaknya, apakah lantas ditaruh di Panti Asuhan?
· Tidak mau tauk (alasannya karena tidak tauk kebutuhan dan tidak terbiasa mengurus orang tua, kalo di Panti Jompo khan sudah ada tenaga ahli yang memang pekerjaannya mengurus kebutuhan para manula) Hmm… Kalo yang ini kayaknya mengada-ada yach? Waktu orang tua kita pertama kali punya anak juga pastinya mereka kagak pernah dilatih untuk langsung bisa ngurus anak. Mereka bakal belajar seiring berjalannya waktu.
· Emank tidak ada niat untuk merawat atau mengurus. Hhmmm….. Kalo yang ini kayaknya kagak perlu dibahas lagi dech…. Bikin mumet aja 

panti2.jpg


Setelah hasil kunjungan ke Panti Jompo sabtu lalu, kali ini panti jompo yang dikunjungi memang dikelola oleh yayasan dan kondisi pantinya juga bener2 bagus dan terawat. Beberapa orang tua yang terlihat sebenarnya hmm…. Gimana yach belum terlihat tua renta alias masih sehat, segar bugar dan bener2 masih bisa menjaga diri sendiri (jadi bertanya-tanya kenapa keluarganya menaruhnya di Panti Jompo yach?). Oh iya, bagi orang tua yang dititipkan oleh keluarganya disana (alias ada yang dibawa pulang jika hari raya) diwajibkan membayar iuran. Jadi kayak kos gitu yach….. ck..ck..ck..

Sebenarnya, yang mereka butuhkan mungkin bukan sumbangan kebutuhan pokok walaupun tidak diragukan hal tersebut memang diperlukan, tapi mungkin kebutuhan bagi rohani mereka ada seseorang yang bisa mendengarkan mereka berbicara alias curhat maupun saling berbagi. Memang ada petugas tapi mereka juga tidak mungkin memberikan perhatian kepada tiap2 orang tua.

Semoga kita dapat menyadari betapa besar jasa orang tua kita dan tolong jangan sampai pernah berpikir untuk mengirim orang tua yang telah bersusah payah membesarkan kita ke Panti Jompo (ceilah… sok menasehati banget gue). Tapi beneran loh, mari kita lebih menghargai orang tua kita, ungkapkan terima kasih kita, kalo gak ada mereka kita gak mungkin bisa jadi kita yang sekarang.
panti3.jpg
panti4.jpg

0 comments:

Post a Comment