Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, June 5, 2017

Lamunan Pekan Biasa IX

Selasa, 6 Juni 2017

Markus 12:13-17

12:13. Kemudian disuruh beberapa orang Farisi dan Herodian kepada Yesus untuk menjerat Dia dengan suatu pertanyaan.
12:14 Orang-orang itu datang dan berkata kepada-Nya: "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur, dan Engkau tidak takut kepada siapapun juga, sebab Engkau tidak mencari muka, melainkan dengan jujur mengajar jalan Allah dengan segala kejujuran. Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak? Haruskah kami bayar atau tidak?"
12:15 Tetapi Yesus mengetahui kemunafikan mereka, lalu berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mencobai Aku? Bawalah ke mari suatu dinar supaya Kulihat!"
12:16 Lalu mereka bawa. Maka Ia bertanya kepada mereka: "Gambar dan tulisan siapakah ini?" Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar."
12:17 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!" Mereka sangat heran mendengar Dia.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, sebaik apapun seseorang di tengah masyarakat, dia tetap akan mengalami penentangan. Apalagi kalau dia adalah tokoh yang memiliki pengaruh besar di tengah masyarakat.
  • Tampaknya, kalau seorang tokoh yang berhati bersih dan berpengaruh besar itu amat banyak pendudukungnya, para penentang dapat takut tampil terus terang. Dia dapat menentang dengan tampilan-tampilan bagus penuh kesantunan tetapi kerap menggiring pada jebakan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sebesar apapun ancaman mendera baik secara terbuka maupun tertutup dengan kemas tampilan amat bagus, bagi seorang pejuang kebaikan umum yang penuh kejujuran setiap soal yang dihadapi justru akan menghadirkan keheranan bagi banyak orang karena setiap masalah yang dihadapi selalu menghadirkan pengertian baru bagi banyak orang. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang yang dalam kejujurannya tak pernah menghindari masalah akan menjadi tokoh pencerah bagi kebaikan umum.
Ah, masalah yang hanya untuk menjebak ya harus dihindari.

0 comments:

Post a Comment