Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, June 12, 2017

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Antonius dari Padua, Imam dan Pujangga Gereja
Selasa, 13 Juni 2017

Matius 5:13-16

5:13. "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.
5:14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.
5:15 Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.
5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, menunjukkan keahlian bukanlah hal buruk seperti kesombongan. Misalnya ada dokter ahli penyakit diabetes menyatakan kepampuan khususnya sehingga  banyak penderita sakit gula tahu tempat berobat.
  • Tampaknya, menunjukkan kedermawanan bukanlah hal buruk seperti pamer jasa. Misalnya ada dermawan menyatakan siap membantu beaya pengobatan yang berkekurangan sehingga banyak kaum miskin mendapatkan tempat untuk minta pertolongan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sebesar apapun murah hati seseorang dengan segala keikhlasan dan kegembiraannya, dia akan sungguh menjadi cahaya kebaikan bagi siapapun kalau mampu membuat orang lain tidak memuja dirinya tetapi menghayatinya sebagai rambu-rambu untuk melihat keluhuran perbuatan baik sehingga ikut menjadi rambu-rambu lain sesuai dengan kebaikan yang dimiliki oleh masing-masing. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang dalam segala kebaikannya bagi orang lain akan menyadari diri sebagai alat Tuhan menyatakan kebaikan-Nya.
Ah, pada jaman kini perbuatan baik adalah jasa yang akan menghadirkan uang.

0 comments:

Post a Comment