Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, July 2, 2017

Dua Belas Tahun Imamat


"Kula jan-jane kepingin melu. Ning nek mlaku tebih" (Sebenarnya saya ingin ikut. Tetapi kalau harus berjalan tempatnya jauh) kata Rm. Rusgiarto ketika makan malam di Domus Pacis hari Rabu 28 Juni 2017. Mendengar kata-kata Rm. Rus, Rm. Bambang berkata "Kula dherekke napa?" (Apa mau saya antar?) yang langsung mendapat komentar dari beliau "Ken mbonceng roda telu?" (Apa disuruh membonceng motor roda tiga?). Komentar itu mendapatkan tawa "Ha ha ha ..." terkekeh-kekeh dari Rm. Yadi, Rm. Hadi, Rm. Gito, dan Rm. Bambang serta Mas Abas. Sementara itu Rm. Riya, Rm. Tri Hartono, dan Rm. Harto membuka lebar mulutnya karena kegelian. "Nggih mboten, ta. Kula dherekke ngangge mobil. Sapa sing arep melu?" (Ya tidak pakai motor. Saya antar dengan mobil. Siapa akan ikut?) Rm. Bambang berkata dan untuk menanggapi pertanyaannya Rm. Tri Hartono mengangkat tangan mengacungkan jari kanannya.

Dialog di atas terjadi ketika Rm. Constantinus Hadianta, Minister Domus Pacis, yang malam itu ikut makan bersama, memberi informasi bahwa Kamis pagi 29 Juni 2017 sesudah misa pagi di Gereja Pringwulung akan ada potong tumpeng makan bersama. Tanggal 29 Juni adalah hari ulang tahun tabisan beliau. Rm. Hadi ditahbiskan pada tanggal 29 Juni 2005. Rm. Gito juga ikut tetapi langsung bersama Rm. Hadi karena ikut misa. Sedang rombongan Rm. Bambang hanya ikut tumpengan. Ternyata rombongan Rm. Bambang tidak hanya Rm. Rus dan Rm. Tri Hartono. Pada pagi 29 Juni sekitar jam 05.30 Mas Abas masuk kamar Rm. Bambang mengantar koran dan berkata "Rama, Rm. Rio ugi ajeng tumut" (Rama, Rm. Rio juga akan ikut). Dan ketika Rm. Bambang dengan mobil ayla sampai depan ruang tamu Domus, ketiga rama sudah siap. Maka bersama Rm. Gito ada lima rama tua Domus Pacis yang ikut merayakan ulang tahun ke 12 imamat Rm. Hadianto, Pastor Paroki yang merangkap menjadi Minister Domus Pacis. Rm. Subiyanto dan Rm. Boni juga ada. Perayaan pagi itu, yang diselenggarakan oleh Ibu-ibu Paroki, diikuti oleh peserta Misa Pagi dan Dewan Harian Paroki Pringwulung disamping lima rama tua Domus.

0 comments:

Post a Comment