Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, July 25, 2017

Misa Harian Pindah Kapel


"Sementara ngangge meja sing biasane diengge, nggih? Misa teng kapel anyar sanadyan altare dereng dugi" (Sementara memakai meja yang biasa digunakan, ya? Misa harian diselenggarakan di kapel baru walau altar belum datang) kata Rm. Agoeng kepada Rm. Bambang pada Sabtu 22 Juli 2017 ketika sedang makan pagi. Dan pada siang hari Pak Tukiran datang di kamar Rm. Bambang dan bilang "Rama Agoeng dhawuh mindhah meja lan alat-alat misa teng kapel enggal" (Rm. Agoeng meminta untuk memidahkan meja dan alat-alat misa ke kapel baru). Rm. Bambang menanggapi dengan mengatakan "Misa teng kapel anyar diwiwiti suk Senen mawon" (Misa di kapel baru dimulai besok Senin saja). Rencana pelaksanaan misa dimulai hari Senin 24 Juli 2017 juga dikatakan kepada Rm. Rio ketika beliau bertanya kepada Rm. Bambang "Engko misane wis neng kapel anyar?" (Apakah nanti misa sudah dilaksanakan di kapel baru?).


Ketika melihat belum ada meja dan alat-alat misa tertata di kapel baru, pada Minggu 23 Juli 2017 Rm. Agoeng meminta Mas Abas mengajak Pak Heru untuk memindah meja dari kamar yang biasa digunakan untuk misa sehari-hari ke kapel baru. Tabernakel, patung, dan beberapa buku-buku langsung berada di kapel baru. Kemudian di hari Senin 24 Juli 2017 Pak Tukiran melengkapi hal-hal lain. Pemakaian kapel baru, yang belum diberkati karena masih menunggu altar dan tabernakel yang masih belum selesai dikerjakan di bengkel pimpinan Rm. Deny, memang harus dilakukan untuk mengembalikan fungsi tempat misa sebelumnya sebagai kamar tidur. Bertambahnya rama penghuni Domus Pacis membuat tak ada kamar bila ada tamu. Baru-baru ini ada rama dari Atambua menginap dan kemudian tidur di kantor Komsos. Dengan dipindahnya peralatan misa, maka mulai dengan Senin sore 24 Juli 2017 misa harian Domus Pacis dilakukan di kapel baru. Pada sore itu misa dipimpin oleh Rm. Bambang yang diikuti oleh Rm. Rio, Rm. Tri Hartono, Rm. Gito, dan Rm. Harto.

0 comments:

Post a Comment