Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, July 23, 2017

Lamunan Pekan Biasa XVI



Senin, 24 Juli 2017

Matius 12:38-42

12:38. Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: "Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu."
12:39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.
12:40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.
12:41 Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!
12:42 Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!"

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang dapat yakin bahwa yang dapat mencapai hidup luhur adalah orang-orang yang rajin beragama. Apalagi orang, yang memiliki pengetahuan dan pemahaman seluk belum agama serta yang rajin menjaga tradisi keagamaan, keluhuran hidup ada pada mereka.
  • Tampaknya, orang juga dapat yakin bahwa orang yang tak mengenal agama berada dalam keadaan hidup yang tak bermoral. Yang abai agama juga ada dalam kesesatan hidup.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun berada jauh dari lingkungan kaum alim beragama dan memiliki keakraban dengan kebiasaan-kebiasaan sesat, orang tetap dapat memiliki keluhuran hidup melebihi yang rajin menjaga tradisi agama dan bahkan memiliki pengetahuan mendalam seluk beluk agama karena menjadi pelaku petunjuk kebaikan walau hanya sekilas terlihat atau terdengar. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mengutamakan keterbukaan sikap terhadap dengung kalbu.
Ah, yang baik itu ya yang tekun beragama.

0 comments:

Post a Comment