Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, May 24, 2013

HARI LIBUR HARI CAPEKRIA

Tadi malam, Jumat 24 Mei 2013 sekitar jam 21.30, Rama Bambang pulang dari Muntilan ikut pertemuan 14 orang eks seminaris dengan keluarganya di rumah Pak Frans Sukoco. Ketika dia masuk Domus Pacis, ternyata Rama Yadi sudah berada di sadel motor yang mesinnya sudah hidup. Rama Yadi siap ke rumah umat bergabung dengan kelompok yang akan berziarah ke "Gua Maria" di Nusakambangan, Cilacap. Katanya kelompok ini akan berangkat jam 24.00 dan akan bergabung dengan rombongan dari Cilacap. Pagi hari barulah mereka bersama-sama menyeberang untuk mencapai Nusakambangan. Rama Yadi juga akan melayani misa rombongan ini di Nusakambangan. Ketika hari ini, Sabtu 25 Mei 2013 sekitar jam 05.15, Rama Bambang mengirim SMS ke Rama Yadi untuk bertanya "Pun dugi Nusakambangan, rama?" (Rama sudah sampai Nusakambangan?), hingga lebih seperempat jam belum ada jawaban. Kemarin siang Bu Riwi, salah satu pengurus rombongan, berkata bahwa Rama Yadi akan kembali sampai Domus pada Sabtu malam hari ini. Rama Bambang hanya membayangkan bahwa Rama Yadi akan kecapekan. Tetapi pasti akan bahagia. Beliau amat gembira kalau diminta untuk melayani dalam kondisi apapun.

Sebenarnya hari libur untuk beberapa Rama Domus (biasanya Rama Agoeng, Rama Yadi, dan Rama Bambang) kerap menjadi hari capek. Ketiga rama ini biasa berada dalam acara umat. Rama Agoeng kemarin pagi hanya bilang kalau sore akan pergi (entah untuk berapa hari) sehingga Rama Bambang diserahi uang untuk jaga-jaga kalau dibutuhkan dalam rangka perbaikan gedung Domus yang sedang berlangsung. Tetapi pagi ini pun Rama Bambang sudah makan pagi pada jam 04.30 karena harus segera mandi awal dan bersiap-siap dijemput untuk pergi mendampingi kelompok bapak-bapak Lingkungan Stefanus, Paroki Kidul Loji, ziarah rekoleksi di Gua Maria Purworejo. Kembali di Domus juga pasti sore hari. Rama Bambang pun juga menata kesegaran fisik karena besok Minggu 26 Mei 2013 mendampingi rekoleksi Lingkungan Juwangen, Paroki Kalasan. Tetapi sebagaimana Rama Yadi, Rama Agoeng dan Rama Bambang, yang kalau libur biasa capek, juga akan mempunyai kisah-kisah sukacita yang akan muncul dalam sharing meja makan.

0 comments:

Post a Comment