Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, May 3, 2013

Lamunan Pekan V Paskah
Sabtu, 4 Mei 2013

Yohanes 15:18-21

15:18 "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.
15:19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.
15:20 Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.
15:21 Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.


Butir-butir Permenungan
  • Katanya, di lingkungan orang-orang yang hidupnya terlalu menekankan kepentingan materi dan kedudukan, kebaikan adalah garapan formal-seremonial. Hidup keagamaan pun menjadi kesibukan mengawasi benar dan salahnya pelaksanaan tata upacara termasuk segala peralatannya.
  • Katanya, di lingkungan orang-orang yang hidupnya terlalu menekankan kepentingan materi dan kedudukan, orang yang menekankan kebaikan demi kepentingan umum terutama kaum papa dan menderita akan dianggap buruk. Dalam hidup keagamaan pejuang yang menekankan penghayatan makna dapat dianggap keliru, dosa, bahkan sesat karena dia dapat mengolah ungkapan dan wujud agama sesuai dengan perkembangan situasi hidup dan budaya setempat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa yang menderita karena dibenci dan dicelakan oleh kaum formal-seremonial yang sebenarnya materialistis gila status adalah kewajaran perbuatan baik. Pejuang hidup bermakna demi kepentingan umum terutama kaum papa dan menderita sejatinya adalah pengikut ilahi, yaitu Dia yang sebenarnya tidak disukai bahkan dibenci kaum materialistis dan gila status.
Wah, kalau baik ternyata bahaya jadi kere.

0 comments:

Post a Comment