Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, May 17, 2013

Lamunan Pekan VII Paskah
Sabtu, 18 Mei 2013

Yohanes 21:20-25

21:21 Ketika Petrus melihat murid itu, ia berkata kepada Yesus: "Tuhan, apakah yang akan terjadi dengan dia ini?"
21:22 Jawab Yesus: "Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku."
21:23 Maka tersebarlah kabar di antara saudara-saudara itu, bahwa murid itu tidak akan mati. Tetapi Yesus tidak mengatakan kepada Petrus, bahwa murid itu tidak akan mati, melainkan: "Jikalau Aku menghendaki supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu."
21:24 Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini dan yang telah menuliskannya dan kita tahu, bahwa kesaksiannya itu benar.
21:25 Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, sekalipun era global menghadiran pola hubungan sosial yang bercorak horisontal menekankan fungsi atau tugas dalam hidup bersama, ternyata orang tetap masih berpikir kedudukan. Bahkan hidup kenegaraan orang dapat bergabung dalam partai politik untuk meraih status sosial.
  • Tampaknya, dengan status atau kedudukan orang berpikir memiliki kekuasaan sosial. Dalam kehidupan politik yang demokratis orang dapat berjuang mendekatkan hidup ke massa rakyat hanya untuk sebuah kekuasaan, bahkan dalam hidup keagamaan pun orang juga dapat ribut tentang status dan kekuasaan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, punya kedudukan dan tanpa kedudukan atau kududukan besar dan kecil, yang paling pokok adalah hidup melekatkan diri pada yang ilahi. Dalam pola hidup demokratis atau monarkis atau pola lainnya, kelekatan dengan yang ilahi setiap kedudukan menjadi sarana menghayati dan memaklumkan kebenaran hidup.
Wah, status itu yang pokok adalah untuk dapat kekuasaan menikmati hidup. Malah ilahi-ilahian segala!

0 comments:

Post a Comment