Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, May 7, 2013

Lamunan Pekan VI Paskah
Rabu, 8 Mei 2013

Yohanes 16:12-15

16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.
16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku."


Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, di era pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi (IPTEK) orang memang amat ingin dapat menempuh pendidikan sekolah yang setinggi-tingginya. Karena pada masa kini segalanya serba uang, dunia persekolahan dan perkuliahan pun diam-diam menjadi lembaga bisnis paling tidak menjadi ajang mencari nafkah bagi tenaga dan karyawannya.
  • Tampaknya, karena pada masa kini IPTEK amat mewarnai perkembangan masyrakat, mutu orang diukur dari tingkat kelulusan sekolah dan kuliah sehingga yang rendah ijasah bahkan tak berijasah dapat amat kesulitan mendapatkan kesejahteraan hidup. Orang-orang yang dapat memiliki ijasah tinggi dapat bernafsu memiliki titel setinggi mungkin bahkan bermacam mungkin sehingga dapat menderita stres bila gagal.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa yang ilahi justru memperhitungkan keterbatasan kemampuan orang. Kualitas orang ditentukan oleh sikapnya yang terbuka pada berbagai kebenaran, terbuka pada berbagai kemunginan pembaruan, dan mampu mensyukuri berbagai hal yang dialaminya.
Wah, model seperti itu hanya membuat lemah semangat.

0 comments:

Post a Comment