Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, May 10, 2013

Sabda Hidup
Sabtu, 11 Mei 2013
Ignasius dr Laconi
Warna Liturgi Putih
Bacaan
Kis. 18:23-28; Mzm. 47:2-3,8-9,10; Yoh. 16:23b-28

Bacaan Injil Yoh. 16:23b-28
23 Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. 24 Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. 25 Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. 26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, 27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. 28 Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa."

Renungan
Suatu kali aku bertemu dengan seorang teman. Dia bercerita bahwa sudah pergi ke mana-mana namun tetap saja persoalan hidupnya tidak kunjung selesai. Orang pintar A, B, C dst didatangi. Aneka syarat yang diminta sudah dipenuhi tapi persoalan itu tetap bertahan. Ia pun datang padaku dan menganggapku sama dg si A, B, C tadi.
Ketika ia mengutarakan maksudnya aku hanya tersenyum. Aku ingat kalimat Yesus ini (Yoh 16:24), "Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu." Maka kepadanya kukatakan: "Pertama, aku tidak mempunyai kemampuan yang kaumaksud. Kedua, aku dan juga dirimu mempunyai pribadi luar biasa yang sama yaitu Yesus Tuhan. Apakah kamu sudah datang padaNya?" Bilahik, ternyata dia lupa dengan Yesusnya. Maka kukatakan kepadanya: "Datanglah kepada Yesus. Ia akan menolongmu." Awalnya dia agak gimana dengan jawabanku itu. Aku mencoba meyakinkannya tentang kuasa kasih Tuhan Yesus. Ia pun mulai berbinar dan berusaha datang kembali kepada Yesus.
Beberapa bulan berikutnya ia mengabarkan bahwa hidupnya mulai tenang. Keluarganya rukun. Rejekinya cukup.
Pada saat suntuk seseorang kadang tergoda mencari jalan pintas untuk menyelesaikannya. Bahkan mereka rela meninggalkan pegangan hidupnya yaitu Yesus sang jalan, kebenaran dan hidup. Padahal Yesus mengatakan (Yoh 16:26-27), "Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah."

Kontemplasi
Datangilah ruang doa di rumahmu. Duduklah di depan patung Yesus. Dengarkan kata-kata Yesus (bisa baca Yoh. 16:23b-28)

Refleksi
Kepada siapakah biasanya anda datang ketika mengalami masalah? Apa peran Yesus di sana?

Doa
Tuhan semoga aku makin mengandalkanMu, dan tidak mudah tergoda oleh kekuatan yang lain. Amin.

Perutusan
Aku akan mendatangi Yesus dan memantapkan imanku kepadaNya.

0 comments:

Post a Comment