Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, May 28, 2013

KADO TRENDI BUAT RAMA PAK YADI

Hari ini, Rabu 29 Mei 2013, kamar makan tetap menyediakan menu masakan seperti biasa. Tak ada lauk spesial. Akan tetapi Rama Agoeng, Rama Tri Wahyono, Rama Harto, dan Rama Bambang memusatkan perhatian kepada Rama Yadi yang amat asyik membaca tulisan dalam BBnya. "Wah, njenengan entuk ucapan akeh seking rama-rama" (Wah, Anda dapat banyak ucapan dari rama-rama) kata Rama Bambang. Rama Yadi menyahut dengan tetap menekuni BB "Enggih, monsiyur nggih ngirim ucapan" (Benar, monsinyur juga mengirim ucapan). Bersama Rama Yadi, keempat rama itu juga tampak ikut gembira. "Nek, njenengan gadhah email terus melu Milis Unio mesthi ngertos ucapan-ucapane. Njenengan nggih isa ngerti ombyak lan rembugane rama-rama kanca Unio" (Kalau rama punya alamat email dan ikut Milis Unio/Persaudaraan Para Rama Praja, Anda pasti akan tahu ada banyak ucapan. Rama juga akan dapat mengerti arus pembicaraan para rama) kata Rama Bambang.

Tiba-tiba Rama Agoeng menyahut "Lho, rama pun gadhah adres email, ta? Dibukak mawon ngangge paswode" (Rama sudah punya alamat email, ta? Dibuka saja dengan passwordnya). "Paswod niku napa, ta?" (Apa itu password) tanya Rama Yadi. Rama Yadi ternyata telah melupakan emailnya yang dulu pernah dibuat dalam laptopnya. Rama Bambang kemudian berkata "Pun, sakniki digawekke anyar mawon" (Sudahlah. Sekarang dibuatkan yang baru saja). Ketika makan sudah selesai, Rama Agoeng mengambil laptopnya. Beliau kemudian duduk disamping Rama Yadi untuk mendampingi membuat alamat email dan berlatih menggunakannya. Alamat email Rama Yadi adalah ramapakyadi@gmail.com. Rama Yadi kemudian memilih password untuk kata sandinya. Beliau kemudian mencoba mengirim berita ke Rama Bambang dan Rama Bambang membalasnya dengan menggunakan BB. Dalam waktu hampir 30 menit Rama Yadi tampak mulai bisa memfungsikan email. "Yen saget ngaten menika, alat elektronik saestu nglancaraken komunikasi" (Kalau dapat menggunakan alat ini, sarana elektronik amat membantu kelancaran komunikasi) kata Rama Agoeng. Rama Bambang mendaftarkan alamat email Rama Yadi ke Rama Purwatma sebagai salah satu moderator Milis Unio KAS. Melihat peristiwa ini Rama Bambang teringat peristiwa tanggal 30 Januari 2012 dibuatkan Blog Spot oleh Rama Agoeng. Waktu itu Rama Bambang genap berusia 62 tahun dan selama sekitar 10 hari belajar melancarkan menggunakannya untuk kepentingan menyebarkan tulisan-tulisan hidup ketuaan dari Domus Pacis. Kini Rama Yadi genap berusia 76 tahun dan Rama Agoeng memberi hadiah ketrampilan beremailria. Komunitas Rama Domus Pacis memang tidak mengadakan pesta dengan acara dan makanan khusus untuk ulang tahun kelahiran. Pesta dibuat untuk ulang tahun tahbisan. Tetapi tambahan ketrampilan digital elektronik yang diberikan pada saat hari lahir ternyata menjadi kado khusus. Ini
membuat rama yang masuk lansia bisa ikut gaulan tak jadul.

0 comments:

Post a Comment