Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, May 18, 2013

Sabda Hidup
Minggu, 19 Mei 2013
HARI RAYA PENTAKOSTA
Warna Liturgi Merah
Bacaan
Kis. 2:1-11; Mzm. 104:1ab,24ac,29bc-30,31,34; 1Kor. 12:3b-7,12-13 atau Rm. 8:8-17; Yoh. 14:15-16,23b-26

Bacaan Injil Yoh. 14:15-16,23b-26
15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. 16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 23 Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. 24 Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku. 25 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; 26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Renungan

Hari ini kita merayakan Hari Raya Pentakosta, hari turunnya Roh Kudus. Sebelum kenaikan ke surga, Yesus menjanjikan hadirnya Roh Penghibur. Kini Roh itu telah datang kepada para murid sebagaimana dijanjikan oleh Yesus.
Kehadiran Roh Kudus sungguh mengubah hidup para murid. Mereka yang dulu hanya "nginthil" Tuhan Yesus sekarang ini tampil sendiri. Berkat kehadiran Roh Kudus mereka tampil dengan berani mewartakan karya penyelamatan Allah yang sungguh telah terpenuhi dalam diri Yesus Kristus yang telah wafat dan kemudian bangkit.
Roh Kudus menghidupkan para murid yang sempat lesu. Roh Kudus membuka budi mereka untuk memahami aneka perkara dan menjelaskannya dengan gamblang. Roh Kudus menggerakkan para murid menjelajah banyak bangsa, blusukan ke aneka desa untuk mewartakan Kristus. Kenaikan Yesus ke surga dan kehadiran Roh Kudus membangkitkan kemandirian para murid menghadirkan warta keselamatan Tuhan.

Kontemplasi

Duduklah dalam keheningan. Ingatlah masa-masa perkembangan dirimu. Ingatlah tahap-tahap munculnya keberanianmu melakukan sesuatu. Ingatlah siapa ya berperan di sana?

Refleksi
Apa peran Roh Kudus dalam hidupmu?

Doa
Tuhan sudilah mengutus Roh-Mu mendampingi dunia agar senantiasa selaras dengan kehendakMu. Tolonglah mereka yang dipercaya menyelenggarakan kebersamaan hidup manusia agar mereka sungguh menghadirkan keselamatanMu. Semoga semua yang percaya pada PuteraMu pun mengalami cinta dan keselamatanMu. Amin.

Perutusan
Aku akan hidup dalam kasih Tuhan dan mensyukuri kehadiran Roh Kudus.

0 comments:

Post a Comment