Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, May 2, 2013

PENGGANTI REBON JAMAN DULU?


Kemarin, Kamis 2 Mei 2013, ada kegiatan persiapan homili semua Minggu dan Hari Raya Kenaikan di Domus Pacis yang dibuka untuk Rama-rama Praja lewat millis group UNIO KAS. Kegiatan ini untuk tahun ini dihidupkan kembali dikoordinasi oleh Rama Trasno (pastor Paroki Babarsari) dan dibimbing oleh Rama Hari Kus (Dosen Kitab Suci). Barangkali karena banyaknya kesibukan para rama, tak banyak rama yang hadir. Biasanya bisa hampir 20 rama datang ikut persiapan. Akan tetapi dalam kegiatan kemarin suasana pertemuan amat menyenangkan dan akrab satu sama lain. Rama-rama tamu dapat berkelakar satu sama lain juga dengan rama-rama Domus Pacis.

Di dalam suasana seperti itu salah satu rama nyeletuk “Pertemuan seperti ini dapat untuk mengganti rebon jaman dulu, ya?” Istilah rebon berkaitan dengan hari Rabu (Jawa: Rebo), yaitu hari pada jaman dulu menjadi saat bebas/libur untuk rama-rama praja Keuskupan Agung Semarang (KAS). Pada hari ini Rumah UNIO (yang dulu bersatu dengan Pastoran Paroki Jetis) selalu menjadi ramai. Rama rama banyak berkumpul di situ menikmati makan minum bersama-sama. Pada kesempatan itu bisa pula terjadi pertemuan beberapa rama untuk membicarakan hal-hal tertentu demi pengembangan pelayanan pastoral. Tetapi Rumah UNIO tersebut kini sudah dilepas menjadi bagian dari bangunan pastoran milik Paroki Jetis. Hal itu barangkali juga berkaitan dengan jumlah rama praja yang sudah amat membesar dibandingkan masa jaya Wisma UNIO Jetis sehingga tempat ini sudah tidak relevan dengan kebutuhan para rama masa kini. Namun demikian untuk kegiatan-kegiatan yang melibatkan kelompok kecil rama, ternyata ada kebutuhan tempat yang tidak merepotkan tuan rumah dan juga tidak membutuhkan beaya tinggi. Barangkali Domus Pacis memang menjadi salah satu alternatif sehingga beberapa rapat kecil kegiatan rama-rama praja KAS terjadi di sini.

0 comments:

Post a Comment