Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, March 16, 2016

Cara Meningkatkan Daya Ingat


diambil dari http://www.gudangkesehatan.com


belajarbelajar

Daya ingat adalah hal yang berhubungan dengan kinerja otak. Otak bagai organ tubuh yang harus dilatih agar tetap menjadi prima, walau berat otak hanya 2kg, tetapi bila tidak dirawat dan dilatih perlahan otak akan menjadi lemah, kelemahan kinerja otak dapat terlihat dari ketidakmampuan untuk mengingat suatu hal. Otak juga membutuhkan asupan gizi dari makanan dan beberapa vitamin juga butuh lebih banyak oksigen dibandingkan dengan organ-organ tubuh lainnya. Tidak sedikit orang yang mengalami pelemahan daya ingat, atau penumpulan otak. Tetapi penyebab melemahnya daya ingat seseorang tidak harus dari faktor pendidikan, pergaulan ataupun lingkungan. Ada juga faktor dari genetika yang terbawa dari lahir.

Beberapa penyebab berkurangnya daya ingat :

1. Tidur

tidur cukup
tidur cukup

Penelitian mengatakan dengan tidur selama minimal 6 jam maka otak akan mengalami potensi maksimumnya, tidak hanya otak yang dapat istirahat yang cukup, tetapi organ lain juga akan melakukan regenerasi yang cukup saat badan tidur. Tidak hanya itu, dengan tidur maka kemampuan seseorang menghadapi stress akan meningkat. Maka tidurlah pada waktunya selama minimal 6 jam perhari.

2. Depresi

depresi
depresi

Depresi adalah kasus yang sering dijumpai ditengah masyarakat umum, dalam kalangan remaja ataupun orang tua. Depresi berat dapat menyebabkan pelemahan daya ingat, hal ini dikarenakan ketika sedang depresi maka saat itulah sistem kekebalan tubuh menurun, menurut Katherine Muller, “Bagi seseorang yang mengalami depresi mengalami kesempatan lebih tinggi untuk terserang penyakit pilek dan infeksi.”
Obat depresi sangat penting untuk dikonsumsi bagi penderita depresi berat, tetapi untuk pencegahan depresi hanya perlu olahraga 30 menit minimal 1x2hari untuk menjaga sistem kekebalan tetap sehat. Bisa juga melakukan aktivitas fisik untuk meminimalisir depresi tingkat berat.

3. Penyakit Diabetes

diabetes
diabetes

Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat ditakutkan oleh masyarakat, naiknya tekanan gula dalam tubuh. Banyak pasien yang mengalami gagal sistem vaskular yang terus berlanjut, dan hal ini dapat membuat pengurangan sistem daya ingat. Pengobatan yang tepat terhadap penyakit-penyakit jantung, hati, paru, ginjal dan organ-organ lain juga mempengaruhi daya ingat, hal ini karena kurangnya pasokan nutrisi kepada otak. Maka penyakit dalam jangan dibiarkan lebih lanjut.

4. Tidak mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan

akibat alkohol
akibat alkohol

Untuk orang yang mengalami kecanduan mengkonsumsi alkohol, mereka akan mengalami degenerasi daya ingat otak, dan kecenderungan penyimpangan sosial, pecandu alkohol dan obat-obatan narkoba akan mengalami kekurangan daya ingat dalam jangka waktu dekat dan makin lama merusak daya ingat dalam jangka panjang, Dan pengguna obat-obatan selain merusak fungsi seksual. Penelitian pernah dilakukan pada seekor binatang yang diberi makan dengan campuran pil ekstasi, narkoba melemahkan sistem saraf sehingga binatang tersebut lebih lama bertindak untuk mendapatkan makanan. Bila binatang seperti itu, apalagi dengan manusia.

5. Kurangnya vit B12

vit b12
vit b12

Dapat dilihat dari kegunaan vitamin B12 yaitu menjaga kesehatan sistem saraf pada otak dan membantu pembentukan sel darah, vit b12 membantu menyalurkan oksigen ke otak, makanan yang mengandung B12 adalah daging, telur, keju dan sereal yang mengandung vit b12.

Cara meningkatkan daya ingat :

1. Jangan berhenti untuk belajar sesuatu

selalu belajar
selalu belajar

Membaca, melakukan kegiatan kuliah, ekstrakulikuer disekolah, adalah tempat sumber informasi. Carilah topik yang menarik minat dan terjunkan diri untuk masuk kedalamnya, karena tidak hanya menghafal, tetapi dengan melakukan dan merasakan membuat otak lebih cepat mengingat, salah satu kejadian yang sering orang bilang pengalaman tidak terlupakan adalah salah satu kegiatan yang melibatkan fungsi otak dan dengan cara berangsur-angsur

2. Menyaring informasi

saring informasi
saring informasi

Banyak informasi yang sulit untuk difahami, karena informasi yang mereka jelaskan hanya yang mereka mengerti untuk dirinya sendiri, tetapi tidak ada salahnya semua informasi yang didapat ditulis dan fahami dengan bahasa sendiri dan rumus sendiri, hal ini juga bisa digunakan dalam kegiatan kuliah, yang menggunakan bahasa atau kode yang sulit dimengerti, dan tanyakan pada dosen materi yang tidak difahami lalu gunakan bahasa sendiri agar bisa lebih diingat.

3. Menjalin sosial dengan banyak teman

bersosialisasi
bersosialisasi

Dengan menjalin sosial dengan banyak teman atau dengan keluarga dapat meningkatkan daya fungsi otak, selain saling bertukar fikiran, dengan bersosialisasi pun akan selalu mendapatkan berbagai info yang menarik. Karena otak dari berbagai orang lebih berguna dibandingkan berfikir dengan 1 otak saja. Hal ini bisa digunakan dalam meeting, untuk mendapatkan suatu hal secara musyawarah dan pendapat-pendapat dari berbagai orang maka terjadi suatu keputusan yang sangat relevan. Tetapi lebih bagus  untuk berteman dan bergaul dengan orang-orang yang tepat. Karena dalam pergaulan terbentuk suatu bentuk psikologi anak.

4. Membuat kebiasaan baru

kebiasaan baru
kebiasaan baru

Membuat kebiasaan baru contoh, bangun lebih pagi dan menghirup udara pada pagi hari. Atau melakukan suatu kegiatan dengan tangan kiri, seperti yang dilakukan Leonardo Da Vinci, ia melakukan segala cara agar daya fungsi otak seimbang. Atau menggunakan warna yang digemari ditempat meja belajar. Atau membiasakan belajar atau membaca 30 menit perhari. Apapun kebiasaan baru itu, lakukan kebiasaan yang lebih positif. 

5. Gunakan gambar atau permainan-permainan

catur
catur

Ketika seseorang susah untuk mengingat daya fungsi otak tidak mampu untuk menyimpan suatu informasi, sehingga dibutuhkan beberapa hal yang sekiranya membantu agar ingat. Gunakan gambar, contohnya ketika dosen memberi suatu materi yang rumit dan susah diterima apalagi dicerna otak, pejamkan mata dengan kata tersebut lalu sisipkan gambar yang disukai dimateri tersebut, lalu tulis dibinder sebagai materi tertulis. Atau bisa juga menggunakan permainan, contoh lagu, pelajaran musik ditengah materi pembelajaran hanya ditemukan ketika SD. Contoh untuk mengingat 5 orang nama dalam 1 menit sangat susah, tetapi bila 5 nama tersebut dimasukkan lagam lagu, tidak sedikit orang yang ingat 5 nama tersebut. Dan permainan teka-teki silang, catur juga dapat melatih otak.

6. Aktif belajar

belajar aktif
belajar aktif

Dengan belajar aktif dapat menambah fungsi otak, bila belajar pasif kemungkinan otak hanya mengingat pada waktu singkat dan beberapa minggu bisa lupa lagi pada materi tersebut. Maka kembangkan belajar kelompok disekolah, atau langsung praktek. Bila anak sekolah mereka melakukan kerja kelompok untuk mendapatkan suatu informasi, tetapi tidak hanya diam dan mengumpulkan materi, mereka juga terjun untuk mengetahui informasi tersebut sehingga mereka dapat informasi yang lebih detail. Untuk mahasiswa mereka bisa melakukan praktek langsung, contoh mahasiswa T.I belajar C++, dan mengalami kebingungan, catat materi dasar dan lakukan explorisasi langsung pada program C++

7. Gunakan Akronim/singkatan

menggunakan singakatan
menggunakan singakatan

Agar lebih cepat mengingat penggunaan singkatan pada suatu hal juga lebih banyak membantu daya ingat terhadap suatu hal. Bila sering mencatat, maka bisa menggunakan stabilo di kata-kata yang sangat penting. Tetapi contoh-contoh ini hanya contoh kecil, balik lagi kepada diri sendiri, bagaimana caranya agar anda lebih mengexplore suatu materi lebih cepat, an menanggapi lebih cepat.

8. Olahraga secara teratur

olahraga
olahraga

Olahraga secara teratur membantu metabolisme dalam tubuh, banyak manfaat olahraga dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan olah raga peredaran darah akan semakin lancar, begitupun asupan oksigen kepada otak, untuk penilitian pada lansia umur 50+ melakukan jalan kaki 2,5 jam/minggu membantu mereka lebih mengingat suatu hal.

9. Mengkonsumsi makanan yang tepat

makanan sehat untuk otak
makanan sehat untuk otak

Makanan tidak hanya untuk mengenyangkan perut, tetapi ingatlah bahwa otak juga membutuhkan protein agar tidak melemah, asupan pada otak berupa protein, vit b12, omega 3, kaya akan antioksidan. Makanan yang sehat untuk dikonsumsi adalah sayuran, jus, brokoli, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, madu, gandum, buah-buahan. Salah 1 makanan yang sehat adalah 4 sehat 5 sempurna.

0 comments:

Post a Comment