Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, March 12, 2013

KUNJUNGAN DARI SSV

Hari ini, Selasa 12 Maret 2013, ada kunjungan kelompok SSV (Serikat Sosial Vincentius) Jali, Gayamharjo (daerah Sendang Sriningsih). Dari Domus Pacis yang menerima kunjungan adalah Rama Yadi, Rama Harjaya, Rama Harto dan saya. Rama Harjaya dulu pernah jadi pastor di Paroki Wedi dimana Jali adalah salah satu lingkungannya. Rama Yadi sering tampil misa di Sendang Sriningsih. Dengan saya, dulu mereka pernah berjumpa dalam rekoleksi SSV Wilayah Klaten dan Yogyakarta. Suasana omong-omong memang gayeng penuh canda ceria.

Salah satu bapak kemudian menjelaskan kegiatan SSV. Ternyata SSV Jali adalah yang pertama kali berdiri di Pulau jawa pada zaman Rama Hantoro, Pr. berkarya di Paroki Wedi. Kunjungan sosial bagi kaum KLMTD (kecil, lemah, miskin, tersingkir dan difabel) juga menjadi kegiatan pokok SSV Jali. Bapak itu bilang kalau para anggota SSV Jali tidak dapat mengatakan bahwa Domus Pacis adalah panti jompo untuk para rama tua. Tetapi yang jelas adalah bahwa kelompok ini berkunjung ke rama-rama Domus Pacis sebagai kunjungan sosial. Hal seperti ini, seperti saya alami ketika pertama kali masuk Domus Pacis, dulu membuat sementara rama tersinggung. Akan tetapi, dengan berkembangnya jaringan hubungan Komunitas Rama Domus Pacis, kini banyak kelompok umat berkunjung. Ada yang sekedar menengok. Ada yang berkunjung dengan bingkisan seperti kelompok SSV hari ini. Ada yang datang untuk bekerja bakti di lingkungan Domus Pacis. Ada yang datang untuk merayakan hari khusus (seperti Natal, Paskah, ulang tahun Lingkungan) dengan minta misa atau ibadat. Ada yang datang minta pendampingan rekoleksi. Dan sekarang banyak yang datang mengikuti program PIKATU (Pendampingan Iman Kaum Tua) yang diselenggarakan oleh Komunitas Rama Domus Pacis. Apa pun bentuk dan maksud kedatangan para tamu, itu semua ternyata menciptakan kegembiraan karena berjumpanya hati. Jumpa apa pun kalau ada dalam kerangka kasih akan menjadi sarana siapa pun merasakan kehadiran Tuhan. *Rama Bambang

0 comments:

Post a Comment