Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, March 16, 2013

"TAK DHEWE SIK"

Dalam makan pagi Minggu 17 Maret 2013 ini, para rama yang ada di meja makan terlibat omong sana-sini. Yang hadir Rama Agoeng, Rama Yadi, Rama Harto dan saya. Rama Jaka biasa punya jam makan sendiri sesuai jadwal minum obatnya. Rama Harjaya seperti biasa harus dilayani di kamarnya. Rama Tri Wahyono belum terjaga dari tempat tidurnya.

Salah satu hal yang banyak mendapatkan bahasan adalah kondisi Rama Tri Wahyono. Selain banyak lupa, kini Rama Tri mulai kesulitan dalam berpakaian. Untuk memakai dan mencopot kaos pun Rama Tri bilang pada Rama Agoeng kalau sudah mengalami kesulitan. Ketika Rama Agoeng menawarkan bantuan entah dari karyawan entah dari rama lain untuk membantu, Rama Tri berkata "Tak dhewe sik" (Aku berusaha sendiri dahulu). Kami memang mengagumi semangat Rama Tri yang selalu berjuang untuk melayani diri walau kerap dengan susah payah. Beliau meminta tolong kalau sungguh-sungguh sudah tidak dapat melakukannya. Misalnya untuk menyalakan korek api untuk merokok Rama Tri kerap minta bantuan. Maka, sekalipun semangat mandirinya berkobar, Rama Tri adalah sosok yang terbuka pada realita diri dan uluran tangan orang lain.  * Rama Bambang

0 comments:

Post a Comment