Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, March 28, 2013

RAMA HARJAYA "MUDIK"

Kemarin siang, Kamis 28 Maret 2013, Mas Markus datang ke Domus Pacis. Dia adalah salah satu adik Rama Harjaya. Ternyata kemarin adalah hari kontrol dokter untuk Rama Harjaya di RS Panti Rapih. Mas Markus datang untuk mengantarnya dan akan menggunakan mobil Domus Pacis.

Ada satu hal yang menarik ketika Mas Markus datang. Dia datang ke kamar Rama Bambang. Sesudah bilang kalau akan mengantar Rama Harjaya ke RS Panti Rapih, Mas Markus berkata "Rama, napa mangke Rama Harjaya saget kula ajak wangsul nginep wonten griya? Supados ngalami kepanggih sanak-sedherek teng griya." (Rama, apakah nanti Rama Harjaya dapat saya ajak pulang? Biarkan sekali-sekali ketemu sanak-saudara di rumah) Saya jawab saja "Mangga" (Silakan). Bagi Rama Bambang ini adalah peristiwa yang amat menyentuh hati. Rama Harjaya dalam segalanya harus dilayani dan sudah tak mampu berkomunikasi. Yang melayani harus menafsir keadaan dan kebutuhan beliau. Biasanya kalau harus pulang ke rumah, Rama Harjaya harus didampingi karyawan atau pramurukti yang sehari-hari melayaninya. Tetapi kali ini beliau berada di tengah sanak-saudara tanpa karyawan atau pramurukti. Rama Bambang menyilakan Mas Markus membawa pulang dengan menggunakan mobil Domus Pacis. Rama Bambang yakin bahwa Rama Harjaya tidak akan tak terlayani dengan baik. Mas Markus adalah satu-satunya saudara Rama Harjaya yang biasa datang dan menginap (bisa beberapa hari)
di Domus Pacis dan menginap. Dulu, ketika pada saat-saat tertentu semua karyawan Domus libur, Mas Markus yang selalu mendampingi dan mengurus Rama Harjaya.

0 comments:

Post a Comment