Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, March 28, 2013

Sabda Hidup Jumat, 29 Maret 2013
HARI JUMAT AGUNG
Warna Liturgi Merah

Bacaan
Yes. 52:13 - 53:12; Mzm. 31:2,6,12-13,15-16,17,25; Ibr. 4:14-16; 5:7-9; Yoh. 18:1 - 19:42

Renungan
Saudara-saudari sahabat Yesus, bolehlah hari ini saya tidak memberikan permenungan seperti hari-hari biasanya. Terinspirasi kalimat terakhir yang diucapkan Yesus "Sudah selesai" saya ingin berbagi syair lagu yang kubuat tahun kemarin. Syair ini telah dilagukan oleh Fr. Bayu Edvra dan dinyanyikan oleh mbak Dora.
Di antara aneka macam devosi, doa di depan atau membayangkan salib Yesus merupakan devosi yang paling sering saya jalani. Ada banyak hal yang kutemukan dari sana. Sering terbayang bagaimana perasaan ibu Maria kala itu. Dan salah satu gambaranku terhadap rasa ibu Maria pada salib Yesus  kutuangkan dalam syair ini.
Berikut syairnya:

"KEKUATAN ABADI"

Kala kupandang salib-Mu
Tertanam dalam di batinku
Gambaran kejernihan hidup
Kejernihan hidup
Engkau melepaskan kejayaan-Mu
Melaksanakan kehendak Bapa
Merebut hati insan pendosa
Walau duka terkesan terasa ->Refr

Refr:
Cabikan cemeti menggores tubuh
Hentakan paku melobangi kaki tangan
Tusukan tombak menembus jantung
Kauselesaikan dengan salib

Dari salib-Mu terasa
Kekuatan abadi yang teruji
Melampaui ambang batas asa
Tuk gapai kemenangan abadi
Engkau melepaskan kejayaan-Mu
Melaksanakan kehendak Bapa
Merebut hati insan pendosa
Walau duka terkesan terasa ->Refr

Mari menyediakan waktu barang sejenak untuk merenungkan salib Tuhan.

Kontemplasi
Bayangkan kisah sengsara Tuhan Yesus dan amati peranmu dalam kisah tersebut. 

Refleksi
Tulislah permenunganmu tentang salib.

Doa
Tuhan semoga kerelaanMu melepaskan kejayaanMu menjadi kekuatan abadiku untuk selalu menjaga daya juang hidup harianku dan dekat denganMu. Amin.

Perutusan
Aku akan menimba makna dan kekuatan salib Tuhan Yesus Kristus.

-selamat hari Jumat Agung-

3 comments:

fransisca_veni said...

halo admin domus pacis....kemaren sewaktu saya mengikuti tablo di Gereja St.Yusuf bintaran saya mendengar lagu "kekuatan abadi" lagunya indaaaaah sekali..setelah sampai di rumah...saya kembali merenung dan menginggat tablo yang baru saja saya lihat...tetapi waktu itu saya hanya ingat 2 kata dari liriknya...salib, kejernihan hidup...karena clue yg saya punya hanya sedikit...sulit sekali menenemukan lagu ini di interternet....puji Tuhan saya bisa ketemu dengan web ini...ketika membaca liriknya dan saya ingat2 lagi..benar, lagu ini yang saya maksud...saya penasaran dengan lagu tersebut karena waktu di gereja saat mendengarkan lagu tersebut benar2 tergambar bagaimana perasaan Bunda Maria dalam lagu ini, sehingga timbul rasa haru dalam hati yang sangat kuat...dapatkah anda memberi tahu dimana saya dapat membeli CD yang ada lagu tersebut...karena 3 hari ini saya browsing saya tidak dapat menemukan lagu ini dalam bentuk audio...terima kasih...Tuhan memberkati....

domus pacis said...

Coba tanyakan ke Rama Agoeng. Beliau kerap tahu banyak hal. Hubungan no HP 08179435626

domus pacis said...

Sdri Fransisca
maaf lagu itu belum ada cdnya. Rencananya itu akan jadi satu album yang berbicara tentang rasa, pikiran, kehendak Ibu Maria selama menemani hidup Tuhan Yesus.
Namun banyak teman ingin memutar di akhir jalan salib jumat pertama maka saya pun memberikannya. Syukurlah kalau lagu tersebut bisa membantu permenungan panjenengan dan umat yang hadir. Syair lagu itu saya buat, lalu dilagukan oleh fr bayu dan dinyanyikan oleh mbak dora.

salam saya - mogoeng

Post a Comment