Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, January 12, 2014

BERSAHABAT DENGAN KEMATIAN (Sajian 11)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akayang tak bisan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 


Mati Muda


Sangatlah sulit untuk menerima kematian dalam usia muda. Ketika sahabat yang berusia tujuhpuluh, delapanpuluh atau sembilanpuluh tahun meninggal, kita mungkin sangat sedih dan sangat merindukan mereka, namun kita bersyukur bahwa mereka telah dikaruniai umur panjang. Tetapi bila seorang remaja, dewasa muda, atau orang yang sedang berada pada puncak karirnya meninggal, kita merasakan ada protes yang keluar dari hati kita: "Mengapa ... Mengapa begitu cepat? ... Mengapa masih demikian muda? ... Itu tidak adil". Tetapi jauh lebih penting daripada jumlah tahun adalah kualitas hidup kita. St. Fransiskus mati muda. St. Therese dari Lisieux mati muda. Martin Luther King, Jr. mati muda. Kita tidak tahu berapa lama kita akan hidup, tetapi ketidak-tahuan ini menuntut kita untuk hidup setiap hari, setiap minggu, setiap tahun dari kehidupan kita dengan sepenuh-penuh potensi kita.
dari Bread for the Journey

0 comments:

Post a Comment