Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, January 27, 2014

Lamunan Pesta Wajib



Santo Thomas Aquinas
Selasa, 28 Januari 2014

Markus 3:31-35

3:31 Lalu datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus. Sementara mereka berdiri di luar, mereka menyuruh orang memanggil Dia.
3:32 Ada orang banyak duduk mengelilingi Dia, mereka berkata kepada-Nya: "Lihat, ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar, dan berusaha menemui Engkau."
3:33 Jawab Yesus kepada mereka: "Siapa ibu-Ku dan siapa saudara-saudara-Ku?"
3:34 Ia melihat kepada orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya itu dan berkata: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku!
3:35 Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, di era agraris yang disebut keluarga adalah jaringan kesamaan keturunan yang mencakup amat banyak ikatan suami-istri termasuk warga serumah yang diurusnya. Inilah keluarga besar yang biasa disebut extended family yang amat mengangungkan garis silsilah.
  • Katanya, dalam perkembangan hidup masyarakat pemahaman tentang keluarga mengecil sehinggal hanya ada disekitar ikatan suami-isteri termasuk anak-anak, kalau ada, dan secara meluas terutama hanya sampai pada kakek-neneknya. Inilah keluarga kecil yang biasa disebut nucleus family yang mengagungkan fungsi dan komitmen individual personal.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kesejatian kekeluargaan dan persaudaraan tidak terutama ditentukan oleh hubungan darah tetapi oleh sikap batin seseorang. Dalam yang ilahi kemesraan dengan gema relung hati membuat orang terbuka enak dengan siapapun sehingga siapapun menjadi saudara.
Ah, kalau banyak orang jadi saudara, kita dapat keluar banyak orang.

0 comments:

Post a Comment