Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, January 25, 2014

TIBA DI RUMAH (Sajian 6)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akayang tak bisan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis ole bahwa Engkau menantiku dan akan menyambutku pulang ke rumah ketika aku betrteh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Sungai Yang Gemercik

Doa dari dalam hati ["Tuhan Yesus Kristus, ampunilah aku"] ... adalah benar-benar seperti gemerciknya sungai yang terus-menerus di bawah banyaknya gelombang hidup setiap harinya dan membuka kesempatan untuk hidup di dunia ini tanpa menjadi bagian daripadanya dan untuk menjangkau Allah kita dari pusat keheningan kita.

Doa dari hati pertama-tama mengharuskan kita untuk membuat Allah satu-satunya yang kita pikirkan. Itu berarti bahwa kita harus menyingkirkan semua gangguan, perhatian, kekuatiran, dan pemikiran, dan mengisi pikiran hanya untuk Allah. Doa Yesus, atau bentuk doa apapun, dimaksudkan untuk membantu secara halus mengosongkan pikiran kita dari semuanya yang bukan Allah, serta meluangkan seluruh ruang untuk-Nya saja. Namun itu belum semuanya. Doa kita menjadi doa dari hati bilamana kita telah melokalisir, di dalam pusat keberadaan batiniah kita, suatu ruang kosong di dalam mana pikiran kita yang dipenuhi Allah dapat turun dan menghilang, serta di mana pembedaan antara berpikir dan merasa, mengetahui dan mengalami, ide-ide dan emosi-emosi ditransendensikan, dan di mana Allah dapat menjadi Tuan Rumah kita. "Kerajaan Allah ada di antara kamu" (Lukas 17:21), kata Yesus. Doa dari hati mencamkan kata-kata ini dengan serius. Jikalau kita mengosongkan pikiran kita dari segala pemikiran serta mengosongkan hati kita dari segala pengalaman, kita dapat mempersiapkan, di dalam pusat keberadaan batin kita yang terdalam, rumah bagi Allah yang ingin tinggal di dalam kita.
dari Reaching Out

0 comments:

Post a Comment