Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, January 23, 2014

TIBA DI RUMAH (Sajian 4)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akayang tak bisan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Melihat Matahari Terbenam

Ada relasi yang intim di antara sukacita dan harapan. Kalau optimisme membuat kita hidup seakan suatu hari, tak lama lagi, keadaan akan menjadi lebih baik untuk kita, harapan memerdekaan kita dari kebutuhan untuk memprediksi masa depan serta membiarkan kita hidup dalam kekinian, dengan keyakinan bahwa Allah tidak akan meninggalkan kita sendirian tetapi akan memenuhi dambaan terdalam hati kita. ... Aku ingat, satu kali aku berjalan di sepanjang pantai dengan seorang sahabat. Kami berbincang dengan intens mengenai relasi kami, mencoba sebisanya saling menjelaskan mengenai diri masing-masing dan memahami perasaan satu sama lain. Kami begitu terbungkus dalam pergulatan bersama sampai-sampai kami tidak menyadari matahari terbenam begitu mentakjubkan, menyebarkan spektrum warna yang kaya di atas gelombang bertutupkan busa yang memecah di pantai yang lebar dan sunyi. Tiba-tiba sahabatku berteriak: "Lihat ... lihatlah matahari itu ... lihat". Ia meletakkan lengannya di pundakku dan bersama-sama kami memandang bola api yang bergetar menghilang secara bertahap di bawah cakrawala lautan luas. Pada saat itu kami berdua paham mengenai harapan dan sukacita.
dari Here and Now

0 comments:

Post a Comment