Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, January 24, 2014

TIBA DI RUMAH (Sajian 5)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akayang tak bisan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis ole bahwa Engkau menantiku dan akan menyambutku pulang ke rumah ketika aku betrteh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Roh dan Allah

Doa hesychast, yang membimbing ke dalam ketenangan di mana jiwa dapat berdiam dengan Allah, adalah doa dari dalam hati. Bagi kita yang begitu terorientasi dengan pikiran, menjadi teristimewa penting untuk belajar berdoa dengan dan dari dalam hati. Para Bapa Padang Gurun dapat menunjukkan kepada kita caranya. Meskipun mereka tidak memberikan teori berdoa apapun, cerita-cerita kongkrit dan nasihat mereka memberikan batu-batu dengan apa penulis ortodoks lalu membangun spiritualitas yang sangat mengagumkan. Penulis-penulis spiritual dari Gunung Sinai, Gunung Athos, dan para startsi (orang tua-tua suci - Google) dari Rusia abad kesembilan-belas, semuanya berakar dalam tradisi gurun. Kita menemukan perumusan terbaik dari doa dari dalam hati di dalam kata-kata mistikus Rusia, Theophan Yang Mengasingkan Diri: "Berdoa adalah turun dengan pikiran menuju ke dalam hati, dan di sana berhadapan dengan wajah Tuhan, yang selalu hadir, yang melihat segala sesuatu di dalam diri anda". Sepanjang berabad-abad pemahaman doa ini menjadi pusat dari hesychasme. Berdoa adalah berdiri di hadapan kehadiran Allah dengan pikiran di dalam hati; yaitu di titik keberadaan kita di mana tidak ada pembagian atau pembedaan dan di mana kita sepenuhnya adalah satu. Di sana Roh Allah berdiam dan di sana perjumpaan besar terjadi. Hati berbicara kepada hati, karena di sana kita berdiri di hadapan wajah Allah, yang melihat segala sesuatu di dalam diri kita.
dari The Way of the Heart

0 comments:

Post a Comment