Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, January 9, 2014

Lamunan Pekan Sesudah Penampakan Tuhan

 
Jumat, 10 Januari 2014

Lukas 5:12-16

5:12 Pada suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."
5:13 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu, dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga lenyaplah penyakit kustanya.
5:14 Yesus melarang orang itu memberitahukannya kepada siapa pun juga dan berkata: "Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan seperti yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka."
5:15 Tetapi kabar tentang Yesus makin jauh tersiar dan datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka.
5:16 Akan tetapi Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, pada umumnya orang yang menanggung derita berat yang cukup lama akan menjadi amat bergembira sekali. Usaha dan pencarian panjang untuk dibebaskan dari derita memang dapat membuat orang amat tertekan hatinya bahkan bisa menjadi putus asa.
  • Tampaknya, kebebasan dari derita berat yang cukup lama pada umumnya memang membuat orang meluap-luap kegembiraannya. Orang dapat pergi ke sana-sini dan mengirim berita ke mana-mana berbicara tentang peristiwa yang menggembirakannya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kegembiraan sejati akan kehilangan maknanya bila secara langsung menjadi sebaran kisah yang diarahkan ke orang-orang lain. Dalam yang ilahi orang yang mengalami kegembiraan khusus akan menjadikan kisah dalam gema relung hatinya sehingga berita ke luar akan tertata dalam kebijakan.
Ah, pengalaman baik kok hanya disimpan sendiri. Egoistik!

0 comments:

Post a Comment