Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, January 11, 2014

Lamunan Pesta



Pembaptisan Tuhan
Minggu, 12 Januari 2014

Matius 3:13-17

3:13 Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya.
3:14 Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?"
3:15 Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanes pun menuruti-Nya.
3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
3:17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada anggapan umum bahwa orang akan menjadi kekasih Allah bila tekun dalam menjaga kebersihan diri terutama dengan menjalani doa-doa. Dalam hal ini ini tata aturan dan ajaran keagamaan yang menjadi pegangan utama.
  • Tampaknya, ada anggapan umum bahwa orang akan menjadi kekasih Allah bila menjaga jarak dengan segala yang jahat. Dalam hal ini menata pergaulan menjadi jalan kesucian karena orang akan mengambil jarak dari kaum pendosa.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa bahwa kekudusan sejati justru terjadi bila orang terbuka dalam pergaulan dengan bahkan enak berada di antara kaum bernoda dan jahat. Dalam yang ilahi, karena kemesraannya dengan gema suara relung hati, orang akan meyadari bahwa kepatutan rohani seseorang adalah kesediaannya menyatu dengan perjalanan batin kaum bernoda dan jahat.
Ah, dekat dengan yang jahat ya akan tertular jadi jahat.

0 comments:

Post a Comment