Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, December 23, 2015

Lamunan Hari Raya Natal

Minggu, 25 Desember 2015

Lukas 2:15-20

2:15 Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita."
2:16 Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan.
2:17 Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu.
2:18 Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka.
2:19 Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya.
2:20 Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, kata-kata orang besar mudah mempengaruhi masyarakat luas. Apa pun yang dikatakan, baik luhur maupun tak bermutu, mudah membuat masyarakat umum terhenyak untuk kagum atau benci.
  • Tampaknya, untuk peristiwa-peristiwa penting orang biasa menantikan hadirnya orang  besar. Hikmah ajarannya amat dinantikan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin untuk peristiwa besar orang justru akan memperhatikan kata-kata yang datang dari kaum jelata karena di dalamnya ada nuansa kesejatian hidup yang dapat menjadi pegangan kuat untuk menemukan jalan damai sejahtera bagi masyarakat luas. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menemukan khotbah sejati dari kata-kata kaum kecil, lemah, miskin, tersingkir dan difabel. SELAMAT NATAL 2015
Ah, kata-kata hebat ya datang dari kaum cendekia.

0 comments:

Post a Comment