Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, December 5, 2015

Lamunan Pekan Adven II

Minggu, 6 Desember 2015

Lukas 3:1-6

3:1. Dalam tahun kelima belas dari pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi wali negeri Yudea, dan Herodes raja wilayah Galilea, Filipus, saudaranya, raja wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias raja wilayah Abilene,
3:2 pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Besar, datanglah firman Allah kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun.
3:3 Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu,
3:4 seperti ada tertulis dalam kitab nubuat-nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.
3:5 Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan,
3:6 dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan."


Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, untuk ikut Tuhan pertobatan menjadi sikap dasar yang harus ada. Bagi banyak orang pertobatan kerap dikaitkan dengan pengakuan dosa dan kesalahan.
  • Tampaknya,karena berkaitan dengan dosa dan kesalahan pertobatan kerap erat dengan sikap meneliti hal-hal yang telah dijalani. Orang yang bertobat akan amat disibukkan dengan kesalahan dan dosa masa lampau.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa bagi orang yang akrab dengan kedalaman batin pertobatan justru terutama ada dalam situasi dan kondisi yang saat ini dihadapi dengan landasan sikap menatap masa depan untuk membangun dan mengembangkan hidup di tengah-tengah segala kesulitan dan hambatan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan semakin mengikuti Tuhan sesuai dengan perkembangan situasi hidup dan budaya setempat.
Ah, yang nama bertobat itu ya mengaku dosa yang sudah dijalani.

0 comments:

Post a Comment