Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, December 12, 2015

Sabda Hidup


Minggu, 13 Desember 2015
HARI MINGGU A D V E N III
Warna Liturgi Ungu 
Bacaan
Zef 3:14-18a, MT Yes 12:2-3,4bcd,5-6, Flp 4:4-7, Luk 3:10-18

Lukas 3:10-18:    
10 Orang banyak bertanya kepadanya: "Jika demikian, apakah yang harus kami perbuat?" 11 Jawabnya: "Barangsiapa mempunyai dua helai baju, hendaklah ia membaginya dengan yang tidak punya, dan barangsiapa mempunyai makanan, hendaklah ia berbuat juga demikian." 12 Ada datang juga pemungut-pemungut cukai untuk dibaptis dan mereka bertanya kepadanya: "Guru, apakah yang harus kami perbuat?" 13 Jawabnya: "Jangan menagih lebih banyak dari pada yang telah ditentukan bagimu." 14 Dan prajurit-prajurit bertanya juga kepadanya: "Dan kami, apakah yang harus kami perbuat?" Jawab Yohanes kepada mereka: "Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu." 15 Tetapi karena orang banyak sedang menanti dan berharap, dan semuanya bertanya dalam hatinya tentang Yohanes, kalau-kalau ia adalah Mesias, 16 Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: "Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. 17 Alat penampi sudah di tangan-Nya untuk membersihkan tempat pengirikan-Nya dan untuk mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung-Nya, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan." 18 Dengan banyak nasihat lain Yohanes memberitakan Injil kepada orang banyak.

Renungan:
Banyak orang datang kepada Yohanes dan meminta dibaptis. Pada mereka pun Yohanes memberikan gambaran nyata pertobatan yang mesti dibuat. Mereka mesti berbagi, tidak menagih melebihi yang seharusnya dan tidak memeras (lih Luk 3:11-14).
Hari ini kita memasuki masa adven yang ketiga. Kita pun layak bertanya dalam diri kita apa yang mesti kita buat sebagai langkah pertobatan. Masing-masing dari kita mempunyai titik kelemahan yang membawa kita jatuh dalam dosa. Dan memang seringkali dosa kita sama dengan yang kemarin-kemarin.
Ketika dosa kita sama dengan yang kemarin-kemarin tidak berarti kita tidak perlu mengakukannya. Memang mungkin kita merasa: akh nanti juga jatuh dalam dosa yang sama. Bagi saya dosa yang sama menunjukkan kepada kita bahwa di situlah letak kelemahan kita. Kuasa jahat selalu mengincar kelemahan kita itu. Maka kita pun perlu makin waspada dengan kelemahan tersebut supaya tidak dikuasai oleh roh jahat.

Kontemplasi:
Duduklah dengan tenang. Pejamkan matamu dan hadirkan dosa-dosa yang akan kauakukan dalam sakramen tobat.

Refleksi:
Telitilah batinmu dan catatlah dosa dan kelemahanmu.

Doa:
Tuhan, bantulah aku menemukan jalan pertobatanku. Dan kuatkanlah aku supaya tidak jatuh dalam dosa yang sama. Amin.

Perutusan:
Aku akan bertobat. -nasp-

0 comments:

Post a Comment