Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, December 10, 2015

Lamunan Pekan Adven II

Jumat, 11 Desember 2015

Matius 11:16-19

11:16. Dengan apakah akan Kuumpamakan angkatan ini? Mereka itu seumpama anak-anak yang duduk di pasar dan berseru kepada teman-temannya:
11:17 Kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak berkabung.
11:18 Karena Yohanes datang, ia tidak makan, dan tidak minum, dan mereka berkata: Ia kerasukan setan.
11:19 Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, di era global orang selalu dihadapkan dengan aneka tawaran dan pandangan. Orang dapat mengalami kebingungan karena semua tawaran dan pandangan mengandung berbagai kebaikan.
  • Tampaknya, dengan amat banyak hal yang dihadapi orang memang harus memiliki prinsip. Dengan pegangan prinsip orang memiliki keteguhan berhadapan dengan berbagai arus tawaran dan pandangan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa sehebat dan semutu apapun prinsip yang dimiliki, kalau orang tidak mengembangkan hubungan dengan kedalaman batin, dia dapat hanya tertutup dalam selera dirinya sehingga menjadi manusia kerdil bahkan amat tak bermutu dan tak memiliki keluhuran hidup karena jatuh pada sikap like dan dislike. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan makin teguh dan mekar sikap batinnya karena terbuka berdialog dengan nilai-nilai kebaikan yang dijumpai dari pihak-pihak lain bahkan yang berseberangan.
Ah, jangan mudah kagum pada orang lain untuk menjaga kekhasan diri.

0 comments:

Post a Comment