Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, October 20, 2015

KARENA HAL DARURAT


Program Jagongan Iman menjadi salah satu Agenda Pastoral Domus yang ditangani oleh Rm. Bambang. Di dalam program ini kelompok peserta berjumpa dengan Rm. Bambang sebanyak 12 kali. Pada umumnya pertemuan terjadi sebulan sekali. Satu hal yang dipegang dalam program ini adalah tidak adanya uang untuk honorarium atau transportasi bagi Rm. Bambang. Ketika Rm. Hanto, pastor Paroki Bantul, menurut salah satu peserta Kelompok Imogiri, mau menyediakan dana honor, Rm. Bambang menolaknya. Ketika salah satu penggerak Kelompok Ngireng-ireng mau menyerahkan sekedar uang transportasi sesudah salah satu pertemuan, Rm. Bambang menolaknya. Ketika Kelompok Bangunharjo memberikan amplop dengan mengatakan "Rama, kami mengucapkan selamat ulang tahun imamat", Rm. Bambang menyahut "Nek arep ngenehi dhuwit nggo aku, nganakke misa ujub sik, misale misa arwah" (Kalau akan kasih untuk aku, adakan misa ujud dulu, misalnya misa peringatan arwah) dan semua pun "Ha ha ha ...."

Tetapi hal khusus terjadi pada pertemuan Jagongan Iman di Sleman pada Senin 12 Oktober 2015. Pak Miyoto menyediakan nampan plastik yang oleh Bu Kardi diletakkan di meja. Adapun para peserta setiap datang meletakkan amplop di situ. Pada akhir pertemuan ada yang mengambil dan menghitung uang di dalamnya. Kemudian Pak Miyoto berkata "Rama, menika kanca-kanca sami kepingin ndherek terlibat ngaturi sumbangan sekedarnya kangge pembuatan talud Domus Pacis" (Rama, ini teman-teman ingin terlibat menyumbang sekadarnya untuk pembuatan talud di Domus Pacis). Ternyata dari 33 yang datang terkumpul Rp. 1.800.000,00. Karena ini adalah uang sumbangan program darurat untuk Domus Pacis, Rm. Bambang pun menerimanya dengan ucapan terima kasih. Kelompok Sleman termasuk dalam penggembalaan Paroki Medari. "Kanyata pangandikane Rm. Dadang lan Rm. Deny amat berpengaruh" (Ternyata kata-kata Rm. Dadang dan Rm. Deny, dalam misa Minggu, sangat berpengaruh) kata Rm. Bambang dalam hati. Selain beberapa kelompok dan orang yang memberikan sumbangan, di Paroki Medari sekarang ada kotak dana untuk talud Domus setiap hari Minggu. Kabarnya ini akan dijalankan sampai dengan akhir Oktober.

0 comments:

Post a Comment