Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, October 12, 2015

Lamunan Pekan Biasa XXVIII

Selasa,13 Oktober 2015

Lukas 11:27-41

11:37. Ketika Yesus selesai mengajar, seorang Farisi mengundang Dia untuk makan di rumahnya. Maka masuklah Ia ke rumah itu, lalu duduk makan.
11:38 Orang Farisi itu melihat hal itu dan ia heran, karena Yesus tidak mencuci tangan-Nya sebelum makan.
11:39 Tetapi Tuhan berkata kepadanya: "Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan.
11:40 Hai orang-orang bodoh, bukankah Dia yang menjadikan bagian luar, Dia juga yang menjadikan bagian dalam?
11:41 Akan tetapi, berikanlah isinya sebagai sedekah dan sesungguhnya semuanya akan menjadi bersih bagimu.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, pada jaman kini kemasan menjadi penting untuk diterima oleh masyarakat. Banyak produksi sederhana dan tradisional dikemas dengan tampilan bahkan nama modern agar bernilai jauh melebihi harga asalnya.
  • Tampaknya, dalam penampilan diri pada jaman kini orang juga mematut diri untuk mendapatkan penerimaan lebih. Citri diri dapat dibangun lewat kemasan dandanan atau tindakan yang secara moral dan sosial diharapkan menghadirkan penilaian lebih.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa sesaleh, sealim dan seanggun apapun tampilan seseorang dengan segala garapan agama, budaya atau apapun, itu semua tidak akan memiliki daya sejati menyentuh hati orang-orang lain sekuat kebaikan dan kemuliaan yang mengalir dari hasil olahan bersama kedalaman batin. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menata tampilan sebagai ungkapan dan wujud kebaikan dan kemuliaan yang muncul di kedalaman batin.
Ah, yang namanya tampilan adalah untuk menggaet banyak keuntungan.

0 comments:

Post a Comment