Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, October 28, 2015

Lamunan Pekan Biasa XXX

Kamis, 29 Oktober 2015

Lukas 13:31-35

13:31. Pada waktu itu datanglah beberapa orang Farisi dan berkata kepada Yesus: "Pergilah, tinggalkanlah tempat ini, karena Herodes hendak membunuh Engkau."
13:32 Jawab Yesus kepada mereka: "Pergilah dan katakanlah kepada si serigala itu: Aku mengusir setan dan menyembuhkan orang, pada hari ini dan besok, dan pada hari yang ketiga Aku akan selesai.
13:33 Tetapi hari ini dan besok dan lusa Aku harus meneruskan perjalanan-Ku, sebab tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem.
13:34 Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.
13:35 Sesungguhnya rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kamu tidak akan melihat Aku lagi hingga pada saat kamu berkata: Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!"

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, berkumpul menjadi komunitas pada umumnya menjadi hal yang membahagiakan. Orang-orang seasal daerah dan atau seagama kalau dikoordinasi dalam suatu perjumpaan tidak jarang ada banyak yang minta agar pertemuan diadakan lagi.
  • Tampaknya, penggerak persekutuan yang tekun berjuang demi para anggota akan mendapatkan penghargaan. Apa pun yang diomongkan akan diperhatikan bahkan banyak ditaati.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa segiat dan semulia apapun seseorang dalam berjuang demi mempersatukan para anggota komunitas, kalau perjuangannya berlandaskan hubungan intim  dengan kedalaman batin yang selalu mengajak siapapun hidup demi kebaikan umum, dia akan mengalami amat banyak tantangan bahkan ancaman hidup. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tidak akan menghindar dalam perjuangan demi kebaikan umum karena tantangan dan ancaman terhadap hidupnya.
Ah, ada ancaman dan tidak menghindar adalah sikap konyol.

0 comments:

Post a Comment