Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, October 19, 2015

Sabda Hidup



Selasa, 20 Oktober 2015
St. Magdalena dr Nagasaki, St. Kaprasius
warna liturgi Hijau 
Bacaan
Rm. 5:12,15b,17-19,20b-21; Mzm. 40:7-8a,8b-9,10,17; Luk. 12:35-38. BcO 2Taw. 35:20-36:12

Lukas 12:35-38: 
35 "Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala. 36 Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya. 37 Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka. 38 Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka.

Renungan:
Misalkan suatu kali anda bepergian dengan seluruh keluarga sepanjang hari. Ketika pulang anda mengebel pintu rumah tapi pembantu tidak segera membukakan pintu. Berkali-kali bel pintu anda bunyikan tapi mereka tetap tidak keluar. Anda pun mengontak lewat telpon tapi tidak diangkat. Lalu terpaksa melompat pagar dan melihat para pembantu telah tertidur lelap. Kata apa yang pertama muncul darimu?
Mungkin kita jengkel, marah dan mengumpat bila berada dalam kondisi seperti itu. Pembantu yang tidak berjaga pun akan terkena sasaran pertama.
Kita semua mempunyai atasan. Mereka pun akan merasa tidak nyaman kala membutuhkan kita dan kita tidak siap. "Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya" (Luk 12:36).

Kontemplasi:
Bayangkan suasana yang terurai dalam renungan.

Refleksi:
Apa yang perlu kulakukan agar aku selalu siap kala dibutuhkan?

Doa:
Tuhan, berjaga memang seringkali terasa berat. Menunggu itu membosankan. Namun kuatkanlah hatiku agar aku mampu untuk selalu berjaga. Amin.

Perutusan:
Aku akan selalu berjaga agar siap kala dibutuhkan. -nasp-

0 comments:

Post a Comment