Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, October 27, 2015

Lamunan Pesta

Santo Simon dan Yudas, Rasul
Rabu, 28 Oktober 2015

Lukas 6:12-19

6:12. Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah.
6:13 Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul:
6:14 Simon yang juga diberi-Nya nama Petrus, dan Andreas saudara Simon, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus,
6:15 Matius dan Tomas, Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot,
6:16 Yudas anak Yakobus, dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi pengkhianat.
6:17 Lalu Ia turun dengan mereka dan berhenti pada suatu tempat yang datar: di situ berkumpul sejumlah besar dari murid-murid-Nya dan banyak orang lain yang datang dari seluruh Yudea dan dari Yerusalem dan dari daerah pantai Tirus dan Sidon.
6:18 Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka; juga mereka yang dirasuk oleh roh-roh jahat beroleh kesembuhan.
6:19 Dan semua orang banyak itu berusaha menjamah Dia, karena ada kuasa yang keluar dari pada-Nya dan semua orang itu disembuhkan-Nya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada pandangan umum bahwa yang namanya jabatan adalah posisi struktural yang menghadirkan kekuasaan. Jabatan memberikan kondisi elit yang membuat orang memiliki tempat khusus di tengah masyarakat.
  • Tampaknya, ada pandangan umum bahwa orang yang terpilih untuk jabatan tertentu akan mendapatkan penghormatan khusus. Dia memiliki kedudukan di atas masyarakat umum.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa bagi orang yang akrab dengan kedalaman batin jabatan setinggi apapun tidak melepaskannya sebagai bagian kerumunan masyarakat umum bahkan makin tinggi jabatannya makin terpanggil untuk makin lekat dengan masyarakat karena makin dituntut untuk makin jeli terhadap kebutuhan umum demi pelaksanaan tugas jabatannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang yang makin tinggi jabatannya justru menjadi makin menjadi bawah tempatnya di dalam tatanan kemasyarakatan karena harus jadi penyedia kebutuhan umum.
Ah, bagaimanapun juga dengan jabatan orang punya jalan kumpulkan kekayaan.

0 comments:

Post a Comment