Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, October 7, 2015

Sabda Hidup


Kamis, 08 Oktober 2015
Hari biasa
warna liturgi Hijau 
Bacaan
3:13-20a; Mzm. 1:1-2,3,4,6; Luk. 11:5-13. BcO Yes. 37:21-35

Lukas 11:5-13
5 Lalu kata-Nya kepada mereka: "Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, 6 sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya; 7 masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara. 8 Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya. 9 Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. 10 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. 11 Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? 12 Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking? 13 Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya."

Renungan:
Dalam ungkapan Jawa dikatakan "obah mamah" (kalau kita bergerak kita bisa makan). Ungkapan ini menggerakkan banyak orang untuk bangkit dan bergerak. Dalam beberapa kesaksian banyak orang Jawa yang transmigrasi terkenal ulet dalam bekerja. Dan kebanyakan dari mereka pun berhasil.
Yesus mengatakan, "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu" (Luk 11:9). Kita tidak bisa hanya diam menanti rejeki menyuapi kita. Kita perlu meminta dan mencarinya.
Rejeki telah tersedia di sekitar kita. Rahmat mengelilingi kita. Rejeki dan rahmat itu bisa menjadi milik kita kalau kita mau meminta dan bergerak mencari dan menangkapnya.

Kontemplasi:
Duduklah dengan tenang. Ingatlah bagaimana pergerakanmu untuk menangkap rahmat Tuhan.

Refleksi:
Ceritakan pergerakanmu untuk meminta dan mencari rahmat Tuhan.

Doa:
Tuhan, kami percaya Engkau telah menyediakan banyak hal bagi kehidupan kami. Kuatkan dayaku untuk bergerak meminta dan mencari rahmatMu itu. Amin.

Perutusan:
Aku akan bergerak. -nasp-

0 comments:

Post a Comment