Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, October 22, 2015

Lamunan Pekan Biasa XXIX

Jumat, 23 Oktober 2015

Lukas 12:54-59

12:54. Yesus berkata pula kepada orang banyak: "Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi.
12:55 Dan apabila kamu melihat angin selatan bertiup, kamu berkata: Hari akan panas terik, dan hal itu memang terjadi.
12:56 Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini?
12:57 Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar?
12:58 Sebab, jikalau engkau dengan lawanmu pergi menghadap pemerintah, berusahalah berdamai dengan dia selama di tengah jalan, supaya jangan engkau diseretnya kepada hakim dan hakim menyerahkan engkau kepada pembantunya dan pembantu itu melemparkan engkau ke dalam penjara.
12:59 Aku berkata kepadamu: Engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, kebiasaan-kebiasaan menjadi pegangan untuk menyadari keadaan yang dihadapi oleh masyarakat. Dengan kebiasaan yang ada orang dapat mengetahui apa yang harus terjadi pada masa atau keadaan tertentu.
  • Tampaknya, petunjuk akan hal-hal baku dapat menjadi pegangan untuk mengurai apa yang terjadi dalam hidup. Orang cukup memahami dan berpegang pada petunjuk-petunjuk baku untuk menjalani hidup.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kalau hanya berpegang pada kebiasaan dan pegangan-pegangan baku orang dalam hidupnya menjadi tidak tulus atau munafik karena tidak mengutamakan hubungan dengan kedalaman batin yang menuntun pada kesadaran akan realita dunia dan masyarakat yang selalu baru dan diperbarui. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menjadi dinamis karena selalu menjaga dan mengembangkan sikap sesuai dengan perkembangan situasi hidup dan budaya setempat.
Ah, yang baku harus dipegang teguh agar tak sesat.

0 comments:

Post a Comment