Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, October 21, 2015

Lamunan Pekan Biasa XXIX

Kamis, 22 Oktober 2015

Lukas 12:49-53

12:49 "Aku datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapakah Aku harapkan, api itu telah menyala!
12:50 Aku harus menerima baptisan, dan betapakah susahnya hati-Ku, sebelum hal itu berlangsung!
12:51 Kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Bukan, kata-Ku kepadamu, bukan damai, melainkan pertentangan.
12:52 Karena mulai dari sekarang akan ada pertentangan antara lima orang di dalam satu rumah, tiga melawan dua dan dua melawan tiga.
12:53 Mereka akan saling bertentangan, ayah melawan anaknya laki-laki dan anak laki-laki melawan ayahnya, ibu melawan anaknya perempuan, dan anak perempuan melawan ibunya, ibu mertua melawan menantunya perempuan dan menantu perempuan melawan ibu mertuanya."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, tidak sedikit orang yang menggambarkan bahwa kalau dekat Tuhan akan memiliki suasana hati harmonis. Orang akan mengalami ketenangan karena hidupnya akan selaras dengan apapun yang dihadapi.
  • Tampaknya, tidak sedikit orang yang menggambarkan bahwa suasana hati penuh masalah adalah tanda tidak adanya kedekatan dengan Tuhan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa orang yang biasa mengikuti alunan suara kedalaman batin akan mengalami Tuhan sebagai daya yang menjaga kesegaran jiwani yang justru tampak bercahaya ketika mengalami berbagai macam konflik termasuk dengan orang-orang terdekat bahkan anggota serumah. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan relung hati orang akan mengalami kekokohan batin dengan aura segar jiwani sekalipun mengalami berbagai macam konflik.
Ah, bagaimanapun konflik itu buruk.

0 comments:

Post a Comment