Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, October 29, 2015

Lamunan Pekan Biasa XXX

Jumat, 30 Oktober 2015

Lukas 14:1-6

14:1. Pada suatu hari Sabat Yesus datang ke rumah salah seorang pemimpin dari orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua yang hadir mengamat-amati Dia dengan saksama.
14:2 Tiba-tiba datanglah seorang yang sakit busung air berdiri di hadapan-Nya.
14:3 Lalu Yesus berkata kepada ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi itu, kata-Nya: "Diperbolehkankah menyembuhkan orang pada hari Sabat atau tidak?"
14:4 Mereka itu diam semuanya. Lalu Ia memegang tangan orang sakit itu dan menyembuhkannya dan menyuruhnya pergi.
14:5 Kemudian Ia berkata kepada mereka: "Siapakah di antara kamu yang tidak segera menarik ke luar anaknya atau lembunya kalau terperosok ke dalam sebuah sumur, meskipun pada hari Sabat?"
14:6 Mereka tidak sanggup membantah-Nya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, setiap agama memiliki aturan wajib. Ada saat tertentu yang mewajibkan umatnya untuk melakukan upacara tertentu dan melarang perbuatan-perbuatan tertentu.
  • Tampaknya, aturan wajib dalam agama menjadi tolok ukur kesungguhan orang untuk menjadi baik dan mulia. Yang melanggar aturan wajib dapat dipandang sesat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa seketat apapun aturan wajib dalam agama, kalau semuanya demi membangun dan mengembangkan hubungan dengan kedalaman batin, di dalam hidup kongkret orang akan selalu mengutamakan kemanusiaan sehingga dalam kasus-kasus tertentu ada keterbukaan tak jalani kewajiban.  Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan setia jalani yang diatur agama tanpa kehilangan kepedulian terhadap kemanusiaan.
Ah, kesejatian iman adalah jalani segaa kewajiban agama secara tertib bahkan ketat.

0 comments:

Post a Comment