Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, April 4, 2016

JADI YANG LUAR BIASA


Novena Ekaristi Seminar di Domus Pacis pada Minggu 3 April 2016 menghadirkan tema Ora Susah lan Ora Nyusahake (Tidak Susah Tidak Menyusahkan Orang Lain). Hal ini berkaitan dengan realita kaum tua dan lansia yang pada umumnya mengalami kerentanan fisik, pikiran, kejiwaan, dan afektif. Rm. Hantoro yang menjadi pembicara menekankan bahwa manusia itu diciptakan oleh Tuhan sebagai yang luar biasa. Orang yang ikut Yesus tak boleh menjadi biasa-biasa saja. Dia harus memancarkan Tuhan yang luar biasa dengan mencintai Tuhan dan sesama. Dari tanggapan para peserta muncul tiga soal dalam rangka untuk menjadi luar biasa:
  • Bagaimana menghadapi anak atau cucu yang tidak memahami orang tua?
  • Kalau dalam kenyataan muncul kecemasan, bagaimana untuk menjadi luar biasa?
  • Sebenarnya sekalipun sudah lansia tetap ingin berperan dalam Gereja, mis. jadi Prodiakon Paroki. Tetapi Paroki memberikan batas usia. Bagaimana jadi luar biasa kalau dibatasi?
Rm. Hantoro dan Rm. Bambang menanggapi soal-soal itu. Bagaimanapun kaum tua dan lansia memiliki bentukan dunia yang berbeda dengan anak-anak dan cucu-cucu. Perasaan jengkel dan cemas memang dapat muncul. Tetapi dalam Yesus orang harus berjuang untuk tidak cemas atau gelisah (lih. Yoh 14:1) dan tidak khawatir (lih Mat 6:25). Dalam Yesus orang makin tua harus makin mampu tidak hidup sesuai dengan kehendaknya karena harus makin mengalami ditentukan dengan batasan-batasan yang ada (band Yoh 21:18). Ini semua akan terjadi kalau HATI TERTUJU PADA TUHAN. Rm. Bambang menambahkan bahwa ini semua berkaitan dengan kemampuan OLAH RASA yang menjadi pokok tema-tema Novena Domus 2016.

Tampaknya semangat para peserta untuk ikut Novena Domus cukup besar. Ketika acara Novena hari itu selesai beberapa kelompok langsung mendaftarkan jumlah calon pesertanya. Pada saat itu 219 orang langsung terdaftar sebagai calon peserta Novena Domus pada Minggu 1 Mei 2016 yang akan menghadirkan Prof. Dr. Agustinus Supratiknya dalam tema ENDAHING PANTI (Indahnya Hidup Model Panti).

0 comments:

Post a Comment