Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, April 19, 2016

Lamunan Pekan Paskah IV

Rabu, 20 April 2016

Yohanes 12:44-50

12:44. Tetapi Yesus berseru kata-Nya: "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku;
12:45 dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.
12:46 Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.
12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.
12:48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.
12:49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan.
12:50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, sikap PD (percaya diri) amat penting dalam mengarungi hidup. Dengan kepercayaan terhadap diri sendiri orang akan memiliki tonggak kokoh untuk menghadapi pahit dan getir kehidupan.
  • Tampaknya, ada anggapan bahwa kepercayaan terhadap diri terjadi karena orang melandaskan hidup pada hikmat yang ada dalam hidup keagamaan. Dengan membatinkan segala yang tersirat dalam agama orang akan kokoh terhadap dirinya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa orang yang sungguh akrab sambung hidup dengan yang ada di kedalaman batin akan menyadari bahwa segala penghayatan keyakinan, baik pada diri maupun pada yang bersemayam dalam hati, akan membawanya pada sikap mempercayakan diri kepada misteri yang menjadi asal dan tujuan hidupnya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan selalu terbuka akan keberadaannya sebagai bagian perutusan Sang Awal dan Tujuan Kehidupan.
Ah, keyakinan itu ya datang dari agama.

0 comments:

Post a Comment